Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Waspada! Gelombang Tinggi Hingga 2,5 Meter di Perairan Pati-Rembang

Ilustrasi

MURIANEWS, Pati – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini kepada para nelayan yang ada di wilayah Pati dan Rembang. Hal ini menyusul terjadinya gelombang tinggi pada 5-6 Desember 2021.

Sebagaimana rilis tertulis yang diterima MURIANEWS, gelombang tinggi di perairan Pati-Juwana diperkirakan mencapai 1,25-2,5 meter. Sementara untuk wilayah Jawa Tengah secara umum tinggi gelombang mencapai 2,5-4,0 meter.

Prakirawan BMKG Semarang Usman Efendi mengatakan, munculnya gelombang tinggi ini lantaran Siklom Tropis Nyaton (994 hPa) dari laut Filipina, terpantau bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

Baca: Warga Gunungwungkal Pati Ramai-Ramai Pagari Tanah Aset Desa

Sehingga memberikan dampak tidak langsung terhadap gelombang tinggi di Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud dan Samudera Pasifik Utara Halmahera hingga Papua.

“Pola kecepatan angin di wilayah Indonesia bagian utara, dominan bergerak dari barat-utara dengan kecepatan angin berkisar 8-30 knot,” tulisnya.

Karena itu, pihaknya meminta agar para nelayan memperhatikan keselamatannya saat berada di laut. Dia memberikan rambu-rambu, perahu nelayan hendaknya berlayar apabila kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di bawah 1,5 meter.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...