Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Semua Puskesmas di Kudus Genjot Vaksinasi Door to Door

Kegiatan vaksinasi keliling lansia di Puskesmas Jati. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Semua puskesmas di Kabupaten Kudus hingga kini terus menggalakkan vaksinasi keliling door to door untuk mengejar target capaian hingga akhir tahun ini.

Diharapkan sebagian masyarakat Kudus khususnya golongan lanjut usia (lansia) telah menerima suntikan vaksinasi di awal tahun 2022 mendatang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Nasiban mencatat, tingkat keaktifan puskesmas untuk menjalankan program tersebut sangat tinggi.

Bahkan, belakangan ini sejumlah fasilitas kesehatan lainnya seperti klinik hingga rumah sakit pun melakukan vaksinasi keliling hingga door to door.

“Tentu tujuannya adalah membentuk herd immunity. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bisa terbentuk,” kata Nasiban, Sabtu (4/12/2021).

Ketersediaan vaksin untuk saat ini pun sangat mendukung. Nasiban menyebut, total vaksin yang tersedia kini mencapai 43.000 dosis. Dengan jenis vaksin yang tersedia, yakni Sinovac, Pfizer, dan AstraZeneca.

“Itu sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan dosis satu dan dua masyarakat Kabupaten Kudus,” pungkasnya.

Baca: Pemilik Pabrik Miras di Kudus Terancam Penjara 15 Tahun

Sementara data per tanggal 3 Desember 2021, capaian vaksinasi dosis satu di Kabupaten Kudus adalah sebanyak 483.901 orang atau 73 persen. Sedangkan dosis lengkap telah mencapai 347.751 orang atau 52 persen.

Kepala Puskesmas Jati Amad Mochammad menyatakan, pihaknya pun telah melaksanakan vaksinasi door to door untuk meningkatkan capaian vaksinasi. Khususnya untuk capaian lansia di Kecamatan Jati.

Baca: Seperti Ini Perjuangan Polisi Grobogan Antar Petugas Vaksinasi ke Desa Terpencil

Jumlah lansia di wilayah kerja UPTD Puskesmas Jati tercatat sebanyak 5.009 orang, sedangkan yang sudah melakukan vaksinasi sebanyak 3.466 orang atau 69 persen, sedangkan yang belum sebanyak 1.543 orang.

“Kami menaungi delapan desa, tercatat ada yang sudah mencapai 93,3 persen, yakni Desa Loram Kulon dari target 594 orang. Sedangkan Desa Pasuruhan Lor dengan target sasaran terbanyak mencapai 968 orang realisasinya sebanyak 81,4 persen, sisanya masih terus kami genjot,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...