Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Polairud Pati HUT, Begini Perannya Menjaga Maritim

Kapolres Pati AKBP Christian Tobing potong tumpeng HUT Polairud. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – SatpolAirud Polres Pati memperingati HUT yang ke-71, Jumat (3/12/2021). Serangkaian acara tasyakuran pun digelar hingga memberikan santunan kepada anak-anak yatim.

Selama 71 tahun, telah banyak upaya penjagaan wilayah maritim kabupaten Pati yang dilakukan oleh anggota Polairud. Bahkan penanganan bencara laut sering kali juga melibatkan mereka.

Kapolres Pati AKBP Christian Tobing mengatakan, peranan Polairud ini sangat penting. Apalagi, sebagian wilayah Pati ini adalah laut, sehingga dibutuhkan upaya keamanan dan kenyamanan masyarakat pesisir.

“Kemudian, kontribusi yang dilakukan juga sangat nyata. Para nelayan bahkan dapat bersinergi dengan kepolisian dalam rangka menjaga ekosistem laut Pati,” katanya, Jumat (3/12/2021).

Kapolres menekankan, penjagaan wilayah maritim tidak bisa dilakukan oleh sembarang personel, melainkan harus mereka yang sudah profesional.

Baca: Penghuni Lokalisasi LI Pati Minta Bangunannya Tak Dirobohkan

Sebab, penanganan laut tidak mudah, butuh pengalaman yang mapan agar dalam menghadapi persoalan dapat terselesaikan secara rapi.

“Tugas ke depan Polairud ini makin berat, sehingga butuh anggota yang benar-benar profesional. Kemudian karakter presisi yang juga harua diterapkan masing-masing anggota,” ujarnya.

Dirinya juga mengimbau kepada para nelayan agar selalu waspada saat melaut, terlebih saat gelombang tinggi. Menurutnya, cuaca saat ini terkadang tidak terprediksi.

“Karena itu, koordinasi untuk mengetahui cuaca harus diutamakan sebelum berangkat melaut,” tutupnya.

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...