Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Pejabat Karanganyar Terkejut Lihat KIHT di Kudus

Pekerja sedang melinting rokok di Kawasan Hasil Industri Tembakau (KIHT), Kudus belum lama ini. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Para pejabat dari Kabupaten Karanganyar mengaku terkejut melihat Kabupaten Kudus mempunyai Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT). Padahal kabupaten ini tak memiliki pertanian tembakau.

Keterkejutan ini  disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Karanganyar Timotius Suryadi, saat mengunjungi KIHT di Desa Megawon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jumat (3/12/2021).

Timotius Suryadi, mengaku terkejut dengan keberadaan KIHT di Kudus. Sebab, Kudus tidak memiliki petani tembakau tetapi mampu mengkoordinasikan industri rokok kecil dalam satu kawasan.

“Kami mau belajar bagaimana Kudus bisa memiliki KIHT. Menurut saya KIHT di sini bagus dan terencana. Ternyata bisa ya permasalahan rokok ilegal ditata menjadi rapi sedemikian rupa,” katanya, Jumat (3/12/2021).

Kunjungan DPMPTSP Kabupaten Karanganyar di KIHT Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

Pihaknya berencana membangun KIHT seperti yang ada di Kudus ini. Sejauh ini pihaknya masih melakukan pengkajian.

“Harapannya kerja sama ini terus terjalin. Bisa bersinergi dan terus berkomunikasi. Semoga kami juga bisa segera membangun KIHT seperti yang ada di Kudus ini,” harapnya.

Baca: Kudus Ingin Tambah Mesin Rokok di KIHT, Butuh Dana Segini

Sementara itu, Kepala Disnaker Perinkop dan UKM Kudus, Rini Kartika Hadi Ahmawati menyampaikan pihak Kabupaten Karanganyar ingin meniru KIHT yang ada di Kudus ini. Rini mengaku bangga jika KIHT di Kudus bisa menjadi percontohan.

“Yang menarik dari KIHT di Kudus ini kami mampu merangkul pelaku rokok yang dulunya ilegal. Selain itu fasilitas di sini juga sudah lengkap. Ada uji tahan nikotin dan banggar cukainya juga,” ungkapnya.

Rini berharap dengan adanya KIHT dapat meningkatkan PAD Kabupaten Kudus. Salah satunya lewat sewa gedung produksi dan hasil uji lab.

“Harapannya semoga bisa meningkatkan PAD bagi Kabupaten Kudus,” harapnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...