Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Penerima PBI JKN di Pati Diminta Cek Keaktifan Kartu

Tri Haryumi memberikan keterangan kepada awak media (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Dinas Sosial Kabupaten Pati mulai melakukan pendataan terkait penonaktifan kartu Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Sebab, Kementerian Sosial (kemensos) telah menonaktifkan 49.410 data penerima khusus untuk Kabupaten Pati.

Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin pada Dinsos Pati Tri Haryumi meminta kepada masyarakat pemegang PBI JKN gara mengecek keaktifan kartu. Sehingga, nantinya akan diketahui apakah kartu tersebut aktif atau nonaktif.

“Ini butuh kesadaran masing-masing. Karena kalau menunggu untuk periksa, nanti malah repot. Cek kartu PBI JKN, jangan sampai menunggu sakit dulu,” katanya.

Dia menambahkan, masing-masing kecamatan yang dilakukan penonaktifan cukup banyak. Tapi yang paling tinggi adalah di Kecamatan Sukolilo sebanyak 4.502 PBI JKN yang dinonaktifkan.

Baca: Puluhan Ribu Penerima PBI JKN di Pati Dinonaktifkan

Menurutnya, PBI JKN yang dinonaktifkan ini memang ada beberapa masalah. Ada juga yang karena meninggal dunia, NIK ganda dan sudah beda segmen penerima.

Karena itu, untuk memudahkan verifikasi, masyarakat pemegang PBI JKN bisa melakukan pengecekan secara mandiri. Sehingga proses pengaktifan ini bisa segera diselesaikan.

Ia menyebut, meski ada 49.410 yang dinonaktifkan, tapi saat ini sudah ada 60 ribuan yang mengajukan pengusulan baru.

“Harapan kami, pengusulan baru ini semoga saja yang nonaktif ikut didalamnya,” tutup Haryumi.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...