Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Dengan Cara Ini Pembuatan Paspor Bisa Dilakukan Secara Kolektif

Ilustrasi paspor. (Pixabay)

MURIANEWS, Grobogan – Pembuatan paspor kini tidak hanya dilayani untuk perorangan saja. Namun, mereka yang ingin membikin paspor untuk banyak orang atau kolektif.

Layanan pembuatan paspor secara kolektif bisa terlayani melalui layanan Eazy Passport dari pihak Imigrasi.

Hal itu disampaikan Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang Sri Wulan Sari usai melangsungkan Sosialisasi Layanan Keimigrasian bagi WNI Kabupaten Grobogan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Grobogan, Kamis (2/12/2021).

Menurut Wulan, layanan Eazy Passport bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam membuat paspor secara bersamaan, secara kolektif kepada kelompok-kelompok masyarakat.

Seperti pegawai perkantoran pemerintah, TNI, POLRI, BUMN, BUMD, perusahaan swasta, institusi pendidikan, komunitas, organisasi masyarakat dan warga kompleks perumahan atau apartemen.

“Dengan layanan tersebut, pemohon paspor tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi. Para pemohon cukup menyediakan tempat di satu titik dan petugas dari Imigrasi akan datang mengunjungi untuk melakukan verifikasi. Minimal 20-30 orang. Maksimal 50 pemohon masih bisa kami layani,” jelasnya.

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang menggelar Sosialisasi Layanan Keimigrasian bagi WNI Kabupaten Grobogan. (MURIANEWS/Dani Agus)

Pada masa pandemi seperti saat ini, adanya layanan Eazy Passport sangat membantu. Apalagi proses pengurusannya juga cukup mudah.

Untuk mendapatkan layanan tersebut, masyarakat atau perwakilan komunitas bisa mengajukan surat permohonan kepada Kantor Imigrasi TPI Kelas I Semarang untuk pembuatan paspor.

Setelah itu, petugas akan menentukan jadwal pelaksanaan dan datang langsung ke tempat yang sudah ditentukan pemohon.

“Adapun untuk persyaratan sama seperti permohonan paspor biasanya. Hanya saja, pada layanan ini, ada petugas yang datang ke lokasi pemohon,” sambung Wulan.

Baca: Tak Perlu Antre, Bikin Paspor Kini Bisa Lewat Aplikasi Apapo

Selain itu, layanan Eazy Passport juga melayani permohonan pembuatan dan penggantian paspor yang habis masa berlakunya. Sementara untuk penggantian paspor yang hilang dan rusak tetap harus datang ke Kantor Imigrasi.

“Kami juga membuka layanan Si Semar Paten di Grobogan yang dibuka satu bulan sekali selama dua hari. Yakni tiap hari Selasa dan Rabu di pekan terakhir,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris DPMPTSP Grobogan Abdul Munib Susanto menambahkan, pihaknya menyambut positif adanya pelayanan keimigrasian di MPP tersebut.

Pasalnya, layanan tersebut sangat membantu warga yang belum berkesempatan untuk datang ke kantor imigrasi karena kendala yang dimiliki.

Pihaknya berharap kerja sama dalam pelayanan keimigrasian tersebut bisa terus berlanjut. Saat ini, pihak DPMPTSP Grobogan dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang sudah mencapai kesepakatan lisan.

Menurutnya, apabila pengajuan sarana prasarana pada tahun anggaran 2022 disetujui maka akan ditindaklanjuti dengan MoU antara Bupati Grobogan dengan pihak Dirjen Keimigrasian atau Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah.

“Dengan demikian, nantinya Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang bisa melakukan pelayanan disini setiap hari. Sehingga dapat mempermudah  urusan keimigrasian masyarakat Kabupaten Grobogan,” tambahnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...