Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Pengurus PWI Pati Masa Bakti 2021-2024 Dilantik

Penyerahan bendera PWI ke Ketua PWI Pati M Noor Efendi. (MURIANEWS/Doc PWI Pati)

MURIANEWS, Pati – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pati masa bakti 2021-2024 resmi dilantik, Selasa (30/11/2021). Prosesi pelantikan dilakukan secara langsung oleh Ketua PWI Jateng Amir Machmud di Pendapa Kabupaten Pati.

Hadir juga dapam acara tersebut Bupati Pati Haryanto, Kapolres AKBP Christian Tobing, Ketua Pengadilan Negeri, Kajari, Kepala Kemenag, beserta hampir seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pati.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud menyebut bangga akan progress dari PWI Kabupaten Pati. Di mana 27 dari 34 anggotanya telah tersertifikasi melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Hal itu menunjukkan professionalisme dari anggota PWI Kabupaten Pati.

“Wartawan adalah sepercik cahaya. Cahaya yang dipancarkan oleh wartawan, ini adalah cahaya yang menuntun, dan cahaya yang berkemanusiaan. Alangkah indah sebagai wartawan yang kompeten dan profesional, ini betul-betul dimanfaatkan untuk kemaslahatan masyarakat,” katanya.

Sementara itu Bupati Pati Haryanto menambahkan, jurnalis begitu dibutuhkan keberadaannya untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Diapun berharap produk jurnalistik dapat membuat berita yang bersifat membangun. Karena memberikan informasi kepada masyarakat yang faktual dan aktual.

“Saya menyambut baik, karena dengan adanya organisasi ini bisa mengkoordinir dari teman-teman media,” ujarnya.

Dia mengatakan dengan adanya jurnalis bertujuan untuk pengawasan. Kalau tidak diawasi dikhawatirkan justru terlena. Sehingga Bupati juga ingin berita yang seimbang.

“Saya juga sangat setuju dengan uji kompetensi wartawan. Karena berarti mereka mempunyai kemampuan di bidangnya. Menunjukkan profesionalitasnya,” terangnya.

Sementara itu M Noor Effendi, Ketua PWI Kabupaten Pati periode 2021-2024 mengatakan, dalam perjalanan kepengurusannya selama ini memang menjadikan penguatan sumber daya manusia (SDM) sebagai salah satu fokus utama.

Terutama dalam peningkatan profesionalitas dan integritas melalui orientasi kewartawanan dan UKW.

“Pada tahun ini saja ada lima wartawan yang ikut UKW. Empat di antaranya mengikuti di Kabupaten Rembang tingkat muda dan berhasil lulus, sementara satu lainnya akan mengikuti di Kabupaten Blora pada 2 hingga 3 Desember mendatang. Sebelum pelantikan inipun kami menggelar orientasi kewartawanan yang diikuti sebanyak 16 jurnalis,” ungkapnya.

Hingga saat ini sendiri tercatat ada 34 anggota PWI. Sebanyak 27 bersertifikat kompeten.

Sebanyak 25 di antaranya merupakan anggota tingkat muda dan dua madya. Sementara puluhan anggota PWI Pati itu terdiri dari jurnalis media cetak, radio, televisi, dan online.

“Dalam penanganan pandemi ini kami juga turut berupaya mengambil peran dengan berbagai kegiatan sosial. Seperti pemberian santunan anak yatim di dukuh Pagak, Desa Sriwedari, Kecamatan Jaken, Baksos di Desa Pagerharjo, Kecamatan Wedarijaksa, serta bantuan sembako kepada santri ponpes Riyadhatus Sholihin, Desa Jatisari, Kecamatan Jakenan,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...