Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jemaah Umrah RI Bisa Berangkat Desember 2021

Jemaah Umrah RI Bisa Berangkat Desember 2021
Ilustrasi ibadah umrah dan haji. (Twitter/@hsharifain)

MURIANEWS, Jakarta – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan jemaah umrah RI mulai bisa diberangkatkan Desember 2021. Lebih dari 50 ribu jemaah sempat gagal gegara pandemi Covid19.

Meski begitu, Yaqut mengatakan tak semua jemaah yang sempat gagal berangkat karena pandemi Covid19 itu bisa langsung berangkat.

“Jemaah umrah yang tertunda keberangkatannya, berdasarkan data yang ada pada sistem informasi pengawasan terpadu umrah dan haji khusus (siskopatuh), sampai saat ini terdapat 59.757 orang,” ujar Yaqut dikutip MURIANEWS dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VIII DPR, di YouTube Komisi VIII DPR RI, Selasa (30/11/2021).

Baca juga: Saudi Janji Mudahkan Haji-Umrah Asal Indonesia

Yaqut menjelaskan, berdasarkan data ada 18.752 orang yang sudah memegang visa. Yaqut menyebutkan mereka sudah siap untuk berangkat umrah dan memastikan bakal berangkat pada Desember 2021.

“Jemaah umrah yang tertunda keberangkatannya menjadi prioritas yang diberangkatkan pada tahap awal dibukanya penyelenggaraan umrah di bulan Desember nanti,” ujar Yaqut.

Hilman melansir dari IDN Times, Pemerintah Arab Saudi mencabut larangan penerbangan langsung dari Indonesia, mulai Rabu 1 Desember 2021. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief mengatakan, dicabutnya larangan tersebut juga bersamaan dengan jemaah Indonesia bisa kembali melaksanakan ibadah umrah.

“Iya, sudah (bisa umrah kembali). Meski tetap persyaratan kesehatan dipatuhi,” ujar Hilman.

Namun, Hilman belum menjelaskan secara rinci bagaimana teknis pemberangkatan perdana jemaah umrah setelah larangan itu dicabut.

Baca juga: Kemenag Kudus Tunggu Juknis Resmi Panduan Umrah

Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah, Eko Hartanto, juga membenarkan jemaah umrah Indonesia kini bisa kembali berangkat umrah. Untuk rincian teknisnya, kata Eko, masih dibahas.

“Iya betul. (Suspend atau larangan dicabut) keluar tadi malam sekitar jam 21.00 waktu Saudi. (Suspend dicabut) untuk umum, ya termasuk umrah,” kata Eko.

Senada dengan Eko, Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali mengatakan, bila suspend Indonesia sudah dibuka, otomatis jemaah RI juga bisa berangkat umrah.

“Umrah sejak awal tidak masalah bagi yang tidak suspend, maka dengan suspend dibuka sekaligus umrah juga dibuka,” ucap Endang.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: IDN Times

Comments
Loading...