Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jepara Satu-satunya Bestatus Level 3 di eks-Karesidenan Pati, Ini Sebabnya

Warga tengah mengikuti vaksinasi Covid-19. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Kabupaten Jepara menjadi satu-satunya wilayah di eks-Karesidenan Pati yang masih bertatus level 3 Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Hal ini sesuai Inmendagri Nomor 63 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, level 2 dan level 1 Covid-19 di Jawa dan Bali.

Dalam Inmendagri tersebut, Kabupaten Jepara dianggap tidak maksimal dalam menjalankan vaksinasi Covid-19.

Akibatnya, saat ini Kota Ukir masih diam di PPKM Level 3. Sedangkan, kota-kota tetangga seperti Kudus, Pati dan Rembang turun ke level dua.

Pada Inmendagri itu disebutkan, penurunan level dari level 3  menjadi level 2, dengan capaian total vaksinasi dosis satu minimal 50 persen dan capaian vaksinasi dosis satu untuk lansia di atas 60 tahun minimal sebesar 40 persen.

Baca: PPKM Level 3 di Jateng Tinggal Pemalang dan Jepara

Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara Muh Ali, mengaku capaian vaksinasi yang masih rendah mengakibatkan Jepara menjadi satu dari dua daerah di Jawa Tengah yang masih berstatus PPKM Level 3.

Selain Jepara, Kabupaten Pemalang juga masih berstatus level 3 PPKM.

“Memang benar, kita masih di PPKM Level 3. Tapi per kemarin capaian vaksinasi kita sudah naik,” kata Muh Ali, Selasa (30/11/2021).

Meski demikian, berdasarkan laporan vaksinasi Cocid-19 terbaru di Jepara, tertanggal 29 November 2021, capaian vaksinasi Covid-19 di Jepara sudah 58,1 persen untuk dosis pertama. Sedangkan, untuk dosis kedua baru 28,9 persen.

Baca: Soal Insentif Buruh, Bupati Jepara Minta Izin Ganjar

Rinciannya, tenaga kesehatan tervaksinasi dosis pertama 126,2 persen dan dosis kedua 122,3 persen. Pelayan publik dosis pertama 85 persen dan dosis kedua 45,9 persen.

Kategori lanjut usia (lansia) dosis pertama 50,5 persen, dan dosis kedua 22,8 persen. Masyarakat rentan dan umum dosis pertama 52 persen dan dosis kedua 27,3 persen. Remaja dosis pertama 73,1 persen dan dosis kedua 26,4 persen.

“Kami akan terus menjalankan vaksinasi Covid-19 di berbagai tempat. Supaya capaian kita semakin tinggi,” pungkas Muh Ali.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...