Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Terlilit Utang Jadi Alasan Pemuda Semarang Bawa Kabur Pajero Warga Sukoharjo

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan saat menanyai pelaku pencurian mobil Pajero di halaman Mapolres Sukoharjo, Senin (29/11/2021). (Polres Sukoharjo)

MURIANEWS, Sukoharjo — Polres Sukoharjo meringkus seorang pemuda asal Semarang berusia 21 tahun dengan inisial AFP. Ia ditangkap setelah membawa kabur mobil Mitsubishi Pajero milik Pradipta Aji Pratama, warga Serengan, Solo.

Kepada petugas, AFP mengaku nekat mencuri mobil Pajero milik warga Solo itu karena terlilit utang banyak di perusahaan tempat kerjanya sebagai sales.

Rencananya, hasil penjualan mobil tersebut digunakannya untuk menutup utang yang melilitnya selama setahun tersebut.

Baca: Bawa Kabur Pajero, Pemuda Semarang Diringkus Polres Sukoharjo

“Saya punya utang sama kantor saya sekitar Rp 100 juta. Gaji kantor tidak mencukupi biaya hidup saya dan keluarga, karena saya juga jadi tulang punggung keluarga. Orang tua saya tidak kerja. Rencananya mau saya gunakan untuk membayar utang itu,” ungkapnya seperti dikutip Solopos.com.

Sementara itu, Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan, penangkapan pelaku dilakukan di Semarang, Minggu (28/11/2021). Pelaku ditangkap tanpa perlawanan.

“Pelaku ditangkap Minggu (28/11/2021) tanpa perlawanan,” kata kapolres saat jumpa pers.

Ia menjelaskan, kronologi pelarian mobil mewah tersebut berawal saat korban memasang iklan jual mobil Pajero di media sosial Facebook, Minggu (14/11/2021). Tak lama setelah memasang iklan, korban mendapatkan pesan melalui Whatsapp dari seorang pria bernama Susilo Pujo.

Baca: Begini Kronologi Kecelakaan Maut Bus Rela vs 2 Mobil dan 1 Motor di Sumberlawang

Setelah itu, pada Rabu (24/11/2021) pelaku menemui korban di Desa Madegondo, Grogol, Sukoharjo, untuk mengecek kondisi dan dokumen mobil. Dua hari setelahnya, tepatnya Jumat (26/11/2021), pelaku kembali mendatangi korban dan melakukan penawaran.

Setelah sepakat, korban diajak ke Bank BCA Solo Baru, Sukoharjo, untuk melanjutkan transaksi pembelian mobil Pajero tersebut.

“Tapi setelah sampai di bank, pelaku beralasan meminjam kunci mobil karena buku tabungannya di dalam tas. Setelah diberikan kuncinya, pelaku kemudian membawa kabur kendaraan itu. Akibat kejadian itu, korban mengalami kerugian Rp 364 juta,” terangnya.

Setelah memeriksa sejumlah saksi dan menyelidiki sekitar TKP, petugas mendapatkan informasi keberadaan pelaku pada Sabtu (27/11/2021). Berdasarkan informasi tersebut, Polres Sukoharjo dibantu tim unit Resmob Polrestabes Semarang membekuk pelaku.

Baca: Geger! Warga Klaten Temukan Mayat Perempuan Tanpa Identitas di Kali Dengkeng

Dari korban kami mengamankan barang bukti mobil Pajero yang dicuri, Mobil Wuling yang digunakan pelaku ke Solo, BPKB, dan STNK Pajero serta pelat nomor palsu,” bebernya.

Akibat hal tersebut, pelaku dijerat Pasal 378 KUHP jo Pasal 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan barang dengan ancaman hukuman penjara maksimal 4 tahun.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...