Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

JOP dan BAIS TNI Gelar Vaksinasi Covid-19 Sistem Drive Thru

Vasksun Covid19
Vaksinasi Covid-19 dengan sistem Drive Thru digelar di Jepara. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara – Untuk pertama kalinya di Jepara, Jepara Ourland Park (JOP) bekerjasama dengan Badan Intelijen Strategis ( BAIS ) TNI menyelenggarakan vaksinasi massal untuk masyarakat umum, dengan sistem Drive Thru.

Pelaksanaan vaksinasi massal sistem Drive Thru ini digelar di kawasan tempat wisata Jepara Ourland Park (JOP) Desa Mororejo, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara selama dua hari, yakni 29 – 30 November 2021.

Dengan menerapkan sistem Drive Thru pada proses vaksinasi massal yang di selenggarakan di JOP ini diharapkan lebih memudahkan masyarakat saat melakukan vaksin. Karena, masyarakat yang hendak melakukan vaksin tidak perlu turun dari kendaraan dan bisa dilakukan didalam atau diatas kendaraan masing – masing.

Selain itu, sistem Drive Thru ini, dilakukan untuk memudahkan, mempercepat dan menghindari terjadinya kerumunan di lokasi tempat pelaksanaan vaksinasi. Karena vaksinasi dilakukan dengan sistem drive thru, maka proses registrasi juga dilakukan dengan sistem online.

Akan tetapi, bagi masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi dengan melakukan pendaftaran langsung dilokasi juga tetap dilayani. Peserta vaksin on the spot hanya membawa foto copy identitas diri seperti KTP, SIM atau kartu keluarga.

Masyarakat yang sudah melakukan registrasi secara online, dan menentukan hari kedatangannya bisa datang langsung ke lokasi dengan menyerahkan fotocopy KTP untuk diverifikasi serta mengisi lembar skrining.

BACA JUGA: Vaksinasi Covid-19 di Jepara Disisipkan Dalam Kegiatan Masyarakat

Selanjutnya, peserta vaksin dilakukan pemeriksaan dasar seperti cek suhu, tekanan darah serta diberikan beberapa tambahan pertanyaan dari petugas. Kemudian proses penyuntikan vaksin Covid-19 hingga proses observasi.

Direktur E Bais TNI, Brigjen TNI Rudi Rahmat Nugraha yang turut hadir secara langsung dan meninjau proses vaksinasi massal mengatakan, kegiatan yang dilakukan BAIS TNI ini bukan kegiatan yang pertama, akan tetapi sudah dilakukan diberbagai daerah di Jawa Timur seperti Surabaya, Malang, Banyuwangi dan Jember. Di Jawa Tengah sendiri sudah melaksanakan di berbagai kota seperti di Kudus, Tegal dan kali ini di Jepara.

Tujuan vaksinasi massal ini, kata Rudi, adalah mendukung program pemerintah dalam percepatan pemberian vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat agar kekebalan kelompok di Indonesia dapat terbentuk.

“ Kami ingin semua masyarakat bisa mendapatkan vaksinasi. Di JOP ini kami menyediakan 5000 dosis. Kalau permintaan lebih banyak kita pasti akan tambah”, Kata Rudi, Senin (29/11/2021).

Vaksinasi Covid-19 Drive Thru.(MURIANEWS/Istimewa)

Sedangkan Aan Praja selaku owner JOP mengungkapkan, selaku pelaku wisata pihaknya mendukung penuh program pemerintah untuk memberikan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat, dan bersama-sama bisa mencapai target yang telah ditetapkan.

“ Harapan kedepan, dengan meratanya vaksinasi terutama di Jepara, kita bisa membantu pemerintah untuk menurunkan level PPKM, sehingga pelaku wisata di Jepara maupun di Indonesia perekonomiannya bisa pulih kembali”, terang Aan.

Sementara itu, salah satu peserta vaksin, Irawati warga Jepara Kota mengapresiasi kegiatan vaksinasi system drive thru tersebut. Pihaknya mengaku, dengan hanya membawa fotocopy KTP dan KK dan mengendari kendaraan di lokasi bisa langsung dilayani.

“Di suntiknya didalam mobil dan tanpa turun, semakin memudahkan dan lebih cepat. Harapan kami ya kita semua setelah divaksin ini bisa selalu sehat serta terhindar dari virus”, pungkasnya,” ujarnya.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje

Comments
Loading...