Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

BPBD Catat 24 Desa di Pati Terdampak Banjir

Seorang anggota TNI mengevakuasi lansia dari genangan banjir (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati mencatat ada 24 desa yang saat ini terdampak banjir. Namun, sebagian besar desa sudah surut, lantaran sifatnya hanya banjir bandang.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Pati Martinus Budi Prasetya mengatakan, 24 desa tersebut terdiri dari delapan kecamatan. Masing-masing berada di Kecamatan Pucakwangi empat desa, yakni Desa Sokopuluhan, Tanjungsekar, Plosorejo, dan Tegalwero.

Baca: Banjir Pati Meninggi, 978 Orang Mengungsi

Kemudian di Kecamatan Tanbakromo terdapat tujuh desa, yakni Desa Karangmulyo, Kedalingan, Angkatan Lor, Tambakromo, Tambaharjo, Sinom Widodo dan Angkatan Kidul. Kecamatan Winong terdapat tiga desa, yakni Desa Karangsumber, Blingijati, dan Padangan.

Di Kecamatan Kayen terdapat empat desa yang terdampak banjir, yakni Desa Slungkep, Sumbersari, Kayen dan Srikaton. Kecamatan Pati hanya ada satu, yakni Desa Mulyoharjo.

Kecamatan Wedarijaksa ada dua desa, yakni Desa Margorejo dan Bumiayu. Kecamatan Jakenan hanya ada di Desa Glonggong. Sementara di Kecamatan Jaken terdapat dua desa, yakni Desa Trikoyo dan Mojoluhur.

Baca: Korban Banjir Pati Butuh Bantuan Obat-obatan

“Data dapat berubah sewaktu-waktu, karena catatan kami yang terdampak hanya 24 desa tersebut. Tapi kalau hujan datang lagi dan desa yang terdampak banjir bertambah, kami akan inventarisir,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Minggu (28/11/2021).

Sementara anggota BPBD Pati bersama dengan para relawan, TNI, dan Polri saat ini masih membersihkan material lumpur sisa banjir. Kemudian melakukan penambalan beberapa tanggul darurat.

“Sebagian besar desa tersebut memang terdampak banjir bandang, sehingga ketika hujan reda maka tinggi muka air juga turun,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...