Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Omah Buku Komasari Pati Ajak Tangkal Hoaks dengan Literasi

Para narasumber saat foto bersama di atas panggung. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Penguatan literasi kepada masyarakat, saat ini amatlah penting. Apalagi setiap dari mereka dapat mengakses informasi melalui HP dan internet.

Hal-hal yang membuat masyarakat bingung, terkadang adalah munculnya berita-berita bohong atau hoaks. Bahkan sebagian besar mereka tidak mengetahui apakah informasi tersebut benar atau sebaliknya.

Karena itu, Omah Buku Kosmasari Desa Karangsari, Kecamatan Cluwak, Pati, mengadakan literasi kepada warga dengan forum terbuka, Sabtu (27/11/2021). Pihak Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) dan Dinas Arsip dan Kepustakaan Kabupaten (Arpuskab) Pati turut dihadirkan.

Ketua Omah Buku Kosmasari Walid Taufiq mengatakan, literasi tidak harus mebaca buku. Tetapi dengan memberikan pemahaman kepada warga akan pentingnya menangkal hoaks juga bagian dari literasi.

“Karena tidak semua warga bisa membaca, apalagi kesibukan mereka juga padat. Sehingga literasi yang kami sajikan adalah memberikan pemahaman kepada mereka agar bijak dalam menggunakan internet, menggunakan media sosial,” ungkapnya.

Sementara Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik pada Diskominfo Pati, Endah mengatakan, menjamurnya hoaks di era digital menjadikan literasi baca sebagai sebuah kebutuhan yang perlu diprioritaskan.

“Jadi meskipun eranya digital, pengenalan terhadap literasi baca untuk menangkal hoaks menjadi sebuah keharusan,” katanya.

Endah membeberkan cara ampuh melawan hoaks tak lain dengan meningkatkan literasi baca. Karena dari membaca itulah akan tumbuh pengetahuan serta kecakapan masyarakat.

Pihaknya berharap energi positif anak-anak muda Karangsari melalui kampung literasi dapat menular di daerah lain.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...