Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Kopi Inovasi Siswi MTs Banat Kudus Raih Medali Emas, Ini Keistimewaanya

Tim Kopiko yang berhasil menyabet medali emas di ajang hasil meraih medali emas di ajang Internasional Glocolis 2021. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Empat siswi MTs NU Banat Kudus berhasil meraih medali emas di ajang Internasional Glocolis (Global Competition for Life Sciences) 2021.

Mereka yakni Belva Nasywa Dzakia, Syifa Al Fauziah, Nahla Elma Zidna, dan Aisha Kamila Gussaldy di bawah bimbingan Masriah, dan Maila Shofa.

Prestasi gemilang yang mereka raih setelah kopi fermentasi (Kopiko) yang dibuat, berhasil menarik perhatian juri.

Pembimbing Riset MTs NU Banat Maila Shofa mengatakan, penelitian Kopiko yang dibuat kelompok siswi bimbinganya itu dilatarbelakangi semakin banyaknya penggemar dan penikmat kopi di berbagai daerah.

Sehingga mereka pun ingin mengolah kopi bukan sekadar hanya minuman kopi biasa. Namun menjadikan minuman yang baik untuk kesehatan pencernaan.

“Kopiko itu dari fermentasi kopi organik dengan jamur kombucha. Proses fermentasinya sekitar 14 hari dan menggunakan pengujian kandungan serat pangan dengan metode proksimat lengkap dan uji hedonik. Penelitian mereka difokuskan pada kandungan kopi, kombucha dan serat pangan,” ucapnya, Sabtu (27/11/2021).

Salah seorang anggota tim riset Kopiko, Belva Nasywa Dzakia mengatakan, perhelatan lomba tersebut diawali dengan presentasi yang dilakukan secara virtual pada 23 November 2021 lalu.

Belva bersama timnya sangat antusias mengikuti perlombaan yang diikuti peserta dari berbagai negara.

Baca: Tak Hanya Atasi Kantuk, Kopi Ternyata Bisa Turunkan Risiko Kanker Hati dan Kolorektal

Hasilnya tak sia-sia, Bella bersama timnya mampu mengharumkan nama sekolah dan Kudus dengan meraih medali emas di ajang bergengsi tersebut

“Kami merasa senang dan akan lebih bersemangat lagi melakukan riset dan mengikuti lomba,” kata siswi yang kini duduk di kelas IX itu.

Sementara itu Kepala MTs NU Banat Kudus, Nor Khusomah, sangat bangga dengan prestasi yang diraih siswanya. Pihaknya  akan terus mendorong siswa-siswanya melakukan riset untuk pengembangan keilmuan.

“Kami tentu bersyukur tim riset kami bisa memboyong dua medali di ajang Glocolis 2021. Ini menjadi kado bagi para guru di Hari Guru Nasional,” ungkapnya.

Selain medali emas, tim Kopiko juga meraih penghargaan Dentistry Brawijaya University Special Award dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Brawijaya (Unibraw).

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...