Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Vaksinasi Keliling Bantu Kudus Capai Target Lansia

Salah satu peserta vaksinasi keliling di Kecamatan Kaliwungu disuntik vaksin. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Progam vaksinasi keliling di sembilan kecamatan di Kabupaten Kudus mulai membuahkan hasil. Terutama pada ketercapaian penyuntikan vaksinasi pada kategori lanjut usia (lansia).

Capaian pada kategori lansia kini diklaim telah mencapai 50 persen lebih.

“Untuk lansia sekarang progresnya sudah di atas 50 (persen,red),” kata Bupati Kudus HM Hartopo usai meninjau vaksinasi keliling di Desa Kaliwungu, Kecamatan Kaliwungu, Sabtu (27/11/2021).

Sementara pada semua kategori, lanjut dia, secara keseluruhan untuk penyuntikan pada dosis pertama telah mencapai 60 persen. Oleh karenanya, pihak pemerintah daerah akan terus menggencarkan vaksinasi keliling ini.

“Sehingga nanti akhir tahun ini nanti bisa mencapai 75 persen lah, sehingga bisa membentuk kekebalan komunal di tahun 2022 mendatang,” ujarnya.

Baca: Vaksinasi Lansia di Kudus Digenjot Sampai Dirikan Pos di RT

Dalam kesempatan tersebut juga, pihaknya kembali meyakinkan semua masyarakat untuk tidak usah takut divaksin. Vaksin, imbuh dia, juga tidak akan membuat orang yang disuntik vaksin jatuh sakit.

“Justru sebaliknya, ketika orang itu disuntik vaksin, dia punya antibodi untuk melawan virus, sehingga nanti bila terpapar gejala tidak akan parah,” terangnya.

Hartopo juga berharap kepada para lansia untuk bersedia untuk divaksin. Walaupun, mereka jarang beraktivitas di luar rumah. Anggota keluarga dari para lansia pun diharapkan tidak menakut-nakuti lansia soal vaksinasi.

“Harusnya itu diajak vaksin sekalian, bukan malah ditakuti karena vaksin ini kan dari pemerintah, tidak mungkin pemerintah ingin rakyatnya sakit, kami pastikan vaksin ini aman,” katanya.

Baca: Bupati Kudus Beri Solusi soal Rendahnya Kenaikan UMK 2022

Hartopo menambahkan, walau telah divaksin, pihaknya berharap masyarakat tidak abai dengan penerapan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, hingga mengurangi mobilitas.

Sementara Camat Kaliwungu Satria Agus Himawan mengungkapkan, vaksinasi keliling di Kecamatan Kaliwungu terus digencarkan di tiap pekannya. Animo dari masyarakat pun bisa dibilang tinggi.

“Dengan minat masyarakat yang tinggi ini kami yakin bisa mencapai target yang ditentukan di tingkat kecamatan,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...