Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sosrokartono Wariskan Sulaman Alif, Maknanya Sangat Dalam

Repro foto RM Panji Sosrokartono. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – RM Panji Sosrokartono, kakak kandung pahlawan emansipasi RA Kartini dianggap mempunyai jasa yang cukup besar untuk kemerdekaan RI. Jenazahnya dimakamkan di Pesarean Sedo Moekti, di Desa Kaliputu, Kecamatan Kota, Kudus.

Di makam ini juga terdapat barang peninggalan Sosrokartono, yakni sulaman huruf alif. Ini disebut-sebut sebagai satu-satunya peninggalan wartawan perang yang dikenal jenius itu.

Meski demikian, sulamat alif yang dipajang di komplek makam Sosrokartono merupakan replika. Barang aslinya, disimpan oleh sang juru kunci, Temu Sunarto.

“Sulaman asli huruf Alif Mbah Sosrokartono ada di kediaman saya yang saya simpan sejak 1995,” katanya.

Baca: Sosrokartono, Wartawan Perang Jenius Putra Bupati Jepara

Ia menyebut, jika huruf alif pada sulaman itu merupakan simbol dari ilmu catur murti yang diamalkan oleh Sosrokartono. Ilmu ini meliputi empat aspek, seperti pikiran, perasaan, perbuatan, dan perkataan.

“Empat aspek itu ketika digabung menjurus ke huruf Alif. Alif itu kan simbolnya tegak lurus yang bisa dimaknai jujur,” terangnya.

Replika sulaman alif dipajang di atas foto Sosrokartono di Pesarean Sedo Mukti, Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

Menurutnya, setiap perkataan harus sesuai dengan perbuatan yang dilakukan. Oleh karena itu, huruf Alif yang menjadi pegangan Sosrokartono.

“Semua empat aspek itu selalu dilakukan. Beliau selalu berpikir sebelum berucap dan beliau orang yang jujur,” ujarnya.

Baca: Sosrokartono Menolak Tawaran jadi Menteri Soekarno

Sosrokartono meninggal pada hari Jumat Pahing, 8 Februari 1952 di Bandung. Ia meninggal pada usia 75 tahun.

Sejarawan Kudus, Sancaka Dwi Supani menyebut jika sulaman alif Sosrokartono itu mempunyai makna yang dalam.

“Ya benar hanya sulaman huruf Alif saja peninggalan beliau. Alif itu maknanya satu. Yakni ingat kepada Allah SWT,” katanya, Jumat (26/11/2021).

Baca: Sosrokartono, Kakak RA Kartini di Balik Kemerdekaan RI

Lebih lanjut, menurutnya Sosrokartono merupakan sosok yang sederhana. Kakak R.A Kartini yang diakui sebagai orang yang jenius juga tidak pernah merasa memiliki murid.

“Beliau punya puisi pring podo pring yang merupakan sanepo eling lan eling maring Allah. Huruf Alif itu bentuk ajakan untuk selalu ingat dan menyembah Allah zat yang maha suci,” ungkapnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...