Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kantongi PBG, Hanzichaland Group Apresiasi Pemkab Pati

Kantongi PBG, Hanzichaland Group Apresiasi Pemkab Pati
Proses pelaksanaan akad kredit 82 unit rumah yang dibangun PT Hanzichaland Group Pati kerjasama dengan Bank BTN Kudus. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – PT Hanzichaland Group mengapresiasi penerbitan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) oleh Pemerintah Kabupaten Pati. Pihaknya mengklaim penerbitan PBG di Kabupaten Pati merupakan yang pertama ketimbang kabupaten/kota lain di Jawa Tengah.

Dengan penerbitan itu, sebanyak 82 unit rumah di Kabupaten Pati, yang dibangunkan PT Hanzichalan Group, pemiliknya bisa melaksanakan akad Program Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT).

Direktur Hanzichaland Group, Rindu Masuci mengatakan penerbitan PBG oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) itu inisiatif Pemkab Pati. Hal ini tak lepas dari peran serta dan tindakan dari dinas lainnya, yakni Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Dinas Cipta Karya.

“Langkah ini, untuk mendukung dan mendorong perizinan yang akhirnya membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) mendapatkan rumah subsidi progam BP2BT,” kata perempuan yang akrab disapa Ririn di sela pelaksanaan akad kredit 82 unit rumah kerjasama dengan Bank BTN Kudus, Jumat, 26 November 2021.

Baca juga: 32 Ribu Rumah di Pati Tak Layak Huni, Pemkab Upayakan Rumah Murah

Ririn menjelaskan, PBG merupakan kebijakan baru dari pemerintah pengganti Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Kebijakan itu sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung.

Dengan demikian pengembang berhak membangun rumah bersubsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah. “PBG yang kami peroleh ini merupakan salah satu yang pertama di Jawa Tengah, pada tahap awal untuk 82 unit rumah yang kami bangun,” tambahnya dalam rilis yang diterima MURIANEWS.

Dari 82 unit rumah pertama yang dibangun, sebagian telah merealisasikan akad KPR BP2BT di Bank BTN. Dengan mengantongi PBG tersebut, pembeli rumah akan mendapatkan bantuan uang muka atau subsidi sampai dengan Rp 40 juta per unit.

Selain Bank BTN, lanjutnya, dalam pembiayaan KPR, PT Hanzichaland Group juga bekerja sama dengan Bank Mandiri dan Bank BNI.

Ririn menyebutkan, dari 82 unit rumah PBG itu berlokasi di Kawasan Tlogowungu-Pati, yaitu di kompleks perumahan Saung Mas 1 dan Saung Mas 2.

Rumah yang dibangun tersebut dengan konsep modern minimalis, type 30/60 berlantai keramik dan beratap genteng dengan rangka baja. Memiliki dua kamar tidur, kamar tamu, dan 1 kamar mandi.

Hanzichaland Group merupakan pengembang lokal yang berkantor pusat di Pati. Hingga kini telah membangun berbagai type rumah di beberapa kota di Jawa Tengah, meliputi di Jepara, Kabupaten Semarang dan Batang. Di Kabupaten Pati sendiri, sudah ada 438 unit yang di dominasi oleh rumah subsidi.

Selain itu, Hanzichaland Group juga melakukan ekspansi di daerah Jawa Tengah lainya yaitu perumahan di Kabupaten Semarang, lalu di Jepara, yaitu Perumahan Jepara Indah Regency berlokasi di Mayong, serta Perumahan Candi Wana Mas di Kabupaten Batang.

 

Reporter: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...