Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

IDC AMSI 2021

Pandemi Covid19 Momentum Percepatan Digitalisasi

Pandemi Covid19 Momentum Percepatan Digitalisasi
Menteri Kominfo Johnny G Plate. (AMSI.or.id)

MURIANEWS, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan adopsi inovasi digitalisasi menemkan momentum di tengah disrupsi pandemi Covid19.

Beragam layanan digital mampu mengakomodasi aktivitas masyarakat di era new normal. Dengan perubahan yang cepat dan berkelanjutan membuat pertumbuhan sangat akseleratif.

Menurut laporan yang dimilikinya, adopsi interaktif digital oleh konsumen di tengah pandemi Covid19 meningkat secara global. Yakni, dari 20 persen pada Juni 2017 menjadi 58 persen pada Juli 2020.

“Kemudian menurut data survei pada 2021, ada 75 persen dari seribu eksekutif secara global telah berinvestasi agar kegiatan usaha mereka dapat dilakukan secara hybrid, antara konfensional maupun digital guna mendorong personalisasi inovasi koneksi dengan pelanggan dan inklusi agar lebih maksimal,” katanya dalam Webinar puncak acara IDC AMSI 2021, Kamis (25/11/2021).

Trend digitalisasi, lanjut Johnny, juga mendorong dunia periklanan di ruang digital. Menurutnya, secara global, total belanja iklan digital pada 2020 diproyeksikan mencapai USD 435,8 miliar atau setara Rp 6.218 triliun.

Baca juga: Peluang Ekonomi Digital Indonesia Masih terbuka Lebar

Menurut Johnny, besarnya potensi demografis digital Indonesia ditujukkan dengan penggunaan internet yang mencapai 202,6 juta pada awal 2021. Pengguna layanan digital di Indonesia juga mencapai 21 juta orang.

Kondisi itu membuat pasar periklanan digital di Indonesia juga makin menggeliat. Menurut laporan global advance, Indonesia diprediksi mengalami peningkatan belanja periklanan digital.

“Yakni, sebesar 54 persen pada 2021, dengan nilai mencapai lebih dari USD 500 juta, atau setara dengan Rp 7,1 triliun. Periklanan digital merupakan salah satu komponen ekosistem ekonomi digital,” ujarnya.

Untuk itu, Kementrian Kominfo terus menunjung perkembangan ekonomi digital Indonesia melalui mempercepat pembangunan koneksifitas di seluruh tanah air

“Pemberdayaan UMKM dan ultra mikro termasuk dalam hal digital advertising melalui program pendampingan on boarding, serta edukasi digital marketing melalui akademi digital entrepreneurship academy terus dilakukan,” tuturnya.

Kemudian, ekosistem digital terus dikembangkan berdampingan dengan pengembangan teknologi industri 4.0, seperti bigdata, virtual reality dan sebagainya.

Puncak IDC AMSI 2021 dibuka kemarin (24/11/2021) oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Selain Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, pejabat yang hadir dalam IDC AMSI 2021 yakni Menteri Kesehatan Budi Gunadi, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga.

Puncak IDC AMSI 2021 yang berlangsung dua hari ini terselenggara berkat dukungan dari Google, Astra, PT BNI (Persero) Tbk, Bank Raya, PT PLN (Persero), PT Pertamina (Persero), Bank bjb, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Pembangunan Daerah Bali, Bank Jatim, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Bali Mall, Kedai Tiga Nyonya Palembang, Bankaltimtara, MS Glow.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...