Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Festival Pager Mangkok di Kudus Dibuka Kirab Hasil Bumi

Kirab Pager Mangkok yang digelar di Kampung Budaya Piji Wetan (KBPW) Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Komunitas Kampung Budaya Piji Wetan (KBPW) Kudus, Desa Lau, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus membuka gelaran Festival Pager Mangkok, Kamis (25/11/2021) sore. Festival itu dibuka dengan kirab hasil bumi.

Pengamatan MURIANEWS, kirab Pager Mangkok itu berisi gunungan hasil bumi. Seperti nanas, wortel, tomat, lombok, pete, terong, pisang, kol, dan lainnya.

Kirab tersebut dimulai dari Panggung Ngepringan yang berada di Desa Lau. Kemudian diarak hingga Punden Depok, Dukuh Piji Wetan, Desa Lau, Kecamatan Dawe, Kudus.

“Karena dulu di sini tempat berkumpulnya masyarakat. Mulai dari anak-anak, laki-laki, dan perempuan,” kata Koordintor Kampung Budaya Piji Wetan Muchammad Zaini.

Selain sebagai pembuka Festival Pager Mangkok, kirab tersebut menurut Zaini untuk mengenalkan hasil bumi di wilayah Desa Lau.

Selain kirab, Festival Pager Mangkok juga menggelar pameran UMKM, kelas kebudayaan desa, dan pameran seni rupa.

Festival Pager Mangkok akan digelar hingga Minggu (28/11/2021) mendatang. Zaini berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...