Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Anggaran Belanja Jepara Tahun 2022 Direncanakan Rp 2,6 Triliun

Pengesahan APBD Jepara 2022 oleh bupati dan DPRD Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Jepara Tahun 2022 telah disepakati oleh eksekutif dan legislatif, , Kamis (25/22/2021). Dalam rancangan itu, rencananya belanja Kabupaten Jepara sebesar Rp 2,683 triliun.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Jepara Agus Sutisna saat membacakan laporan, menyampaikan bahwa DPRD Jepara menyetujui rencana pendapatan pada APBD 2022 sebesar Rp 2,517 triliun. Sedangkan belanja sebesar Rp 2,683 triliun.

Hal itu menyebabkan APBD 2022 mengalami defisit Rp 165 miliar. Defisit direncanakan ditutup dari pembiayaan netto dalam jumlah yang sama.

Pada tahun 2022, rencana penerimaan pembiayaan sebesar Rp 190 miliar, hanya akan dikeluarkan Rp 25 miliar.

“Dalam perencanaan APBD harus sesuai RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) dengan medahulukan skala prioritas pembangunan,” kata Agus.

Baca: Pemilik Koperasi di Jepara Tilep Bantuan Negara Rp 1 Miliar

Berikutnya, Pemkab Jepara akan segera mengirimkan Ranperda tersebut, setelah mendapat persetujuan dari DPRD Jepara.

“Mudahan-mudahan evaluasi dari gubernur berjalan lancar sehingga bisa kita laksanakan tepat waktu,” kata Bupati Jepara Dian Kristiandi.

Dalam kesempatan tersebut, bupati mengapresiasi DPRD yang telah melakukan pembahasan intensif di tingkat Banggar bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah  (TAPD).

“Sangat intensif dan tidak mengenal jam kerja. Sehingga menghasilkan sejumlah perbaikan dalam pembahasan yang dapat kita selesaikan dengan baik,” ujar dia.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...