Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

IDC AMSI 2021

IDI Soroti Perlindungan Hukum Telemedisin

IDI Soroti Perlindungan Hukum Telemedisin
IDC AMSI 2021. (MURIANEWS)

MURIANEWS, Jakarta – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyoroti perlindungan hukum telemedisin. Ini yang mungkin menjadi alasan tak semua rumah sekit menyiapkan layanan telemedisin.

Ketua IDI dr. M Adib Khumaidi mencontohkan dalam pemberian resep. Di mana, pemberian resep merupakan hal biasa di fasilitas kesehatan. Itu sebabnya, fasilitas kesehatan mencatat rekam medik.

Menurutnya, masih banyak isu yang perlu diselesaikan soal layanan telemedisin. Selah satunya soal payung hukum yang ada.

“Kalau ada pasien baru dan tidak tahu ada rekam mediknya, maka itu berpotensi masalah hukum. Ini yang perlu dilindungi. Kita harus selesaikan kajian regulasinya terkait rekam medik elektronik apakah bisa?” kata Adib dalam webinar IDC AMSI 2021, Kamis (25/11/2021).

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Persatuan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) Lia Gardenia Partakusuma mengatakan sektor kesehatan digital menjadi salah satu cara yang paling tepat. Saat ini, menurut Lia, perubahan digital sudah masuk gelombang ketiga.

Baca juga: Peluang Ekonomi Digital Indonesia Masih terbuka Lebar

“Survei 60 persen dari rumah sakit telah menggunakan digital wave pertama ataupun sampai digital wave ketiga. Mereka sudah memanfaatkan beberapa perangkat (devices). Artinya percepatan digital di kesehatan termasuk lumayan. Cuma kekurangannya bahwa mereka mulai dengan coba-coba,” ujar Lia.

Hal senada disampaikan Ketua Asosiasi Health Tech Indonesia dr. Gregorius Bimantoro. Menurut pria yang akrab disapa Bima ini, teknologi robotic sudah mulai diterapkan untuk pasien-pasien Covid-19. “Dulu mikirnya masih jauh memakai fasilitas robotic ini. Ini sesuatu yang mendasar,” kata Bima.

Baca juga: Digitalisasi Pelayanan Publik Terus Dikembangkan

Puncak IDC AMSI 2021  dibuka kemarin oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Selain Menteri Kesehatan Budi Gunadi, pejabat yang hadir dalam IDC AMSI 2021 yakni Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga.

Puncak IDC AMSI 2021 yang berlangsung dua hari ini terselenggara berkat dukungan dari Google, Astra, PT BNI (Persero) Tbk, Bank Raya, PT PLN (Persero), PT Pertamina (Persero), Bank bjb, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Pembangunan Daerah Bali, Bank Jatim, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Bali Mall, Kedai Tiga Nyonya Palembang, Bankaltimtara, MS Glow.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...