Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ketua PKK Kudus Ajak Semua Pihak Hijaukan Kudus

Ketua Tim Penggerak PKK Kudus Mawar Hartopo menyerahkan bibit pohon yang akan ditanam di lahan masyarakat. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kudus Mawar Hartopo mengajak semua pihak termasuk masyarakat Kudus bergotong-royong menghijaukan kembali Kota Kretek.

Apalagi di wilayah lereng Gunung Muria, kawasan Patiayam, hingga Lereng Pengunungan Kendeng yang ada di Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kudus kondisinya kini sudah banyak yang mulai gundul.

“Ini menjadi pekerjaan rumah semua stakeholder yang ada di Kudus, untuk bersama-sama menghijaukan kembali Kudus,” katanya usai acara penanaman bibit pohon di Desa Soco, Kecamatan Dawe, Kudus, Kamis (25/11/2021).

Ia menjelaskan, upaya penanaman atau penghijauan kembali sejumlah wilayah yang gundul di Kudus tidak bisa dilakukan hanya sekali atau dua kali saja. Akan tetapi, perlu adanya perawatan berkelanjutan, sehingga ekosistem alam bisa tetap seimbang.

Baca: Hijaukan Muria, Ribuan Bibit Pohon Ditanam di Desa Soco Kudus

Lebih lanjut ia menyebut, untuk menghijaukan Kudus bisa dimulai dari tingkat skala terkecil, seperti di setiap rumah tangga dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada.

“Dari mulai rumah tangga itu bisa menanam minimalnya tanaman sehat. Dari sedikit seperti itu sudah sangat luar biasa, yang hasilnya bisa dinikmati masyarakat,” ungkapnya.

Hanya saja, upaya penghijauan tersebut, sambung Mawar, harus dibarengi dengan kebersihan lingkungan. Pilah sampah menjadi salah satu cara efektif untuk mengurangi dampak dari sampah yang hingga kini belum bisa teratasi.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...