Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hijaukan Muria, Ribuan Bibit Pohon Ditanam di Desa Soco Kudus

Corporate Secretary PR Sukun Deka Hendratmanto menanam bibit pohon di Desa Soco, Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Komunitas peduli lingkungan Laskar Lereng Muria bekerja sama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Pemali Jratun dan PR Sukun melakukan penanaman ribuan bibit pohon di Desa Soco, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Kamis (25/11/2021).

Ada sekitar 2.000 bibit pohon buah yang ditanam di desa yang berada di Gunung Muria itu.

Ketua Laskar Lereng Muria Agus Riawan mengatakan, kegiatan penaman pohon di lahan lapang di desa tersebut bertujuan untuk menghijaukan kembali kawasan lereng Gunung Muria. Kemudian, menjaga alam agar tetap lestari.

“Penanaman atau penghijauan kembali di lereng Gunung Muria sangat penting untuk menjaga ekosistem alam,” katanya.

Ia menjelaskan ada berbagai macam jenis pohon buah yang ditanam di desa tersebut. Seperti pohon durian, pohon kelengkeng, pohon alpukat, pohon rambutan, hingga jambu madu deli.

“Selain kami tanam langsung juga kami bagikan kepada masyarakat desa setempat. Agar bisa ditanam di pekarangan rumah masing-masing. Sehingga saat berbuah nanti bisa dinikmati hasilnya, dan diharapkan bisa membantu perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Baca: Ziarah Sunan Muria Wajib Coba Pecel Pakis, Ini Khasiatnya

Sementara Corporate Secretary PR Sukun Deka Hendratmanto menjelaskan, sebagai salah satu perusahaan di Kudus yang bermarkas di lereng Gunung Muria, PR Sukun merasa perlu untuk turut serta dalam upaya penghijauan.

“Ini juga sejalan dengan kebijakan direksi yang memang sudah lama menaruh perhatian terhadap setiap upaya atau gerakan untuk menghijaukan kembali Gunung Muria,” ungkapnya.

Apalagi, kondisi lereng Gunung Muria saat ini sudah tak sama lagi seperti beberapa puluh tahun lalu. Baik di sisi kesejukan alam hingga tingkat kerawanan bencana yang suatu saat bisa saja terjadi.

“Tentu inisiatif teman-teman Laskar Lereng Muria perlu mendapat dukungan dari semua pihak. Tidak terkecuali perusahaan. Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya, termasuk teman-teman di luar sana yang juga peduli dengan lingkungan,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...