Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Waspada! Hujan Petir Disertai Angin Kencang Intai Jateng 3 Hari ke Depan

Ilustrasi. (Pixabay)

MURIANEWS, Semarang — Hujan lebat disertai petir dan angin kencang diperkirakan akan menerjang sejumlah wilayah di Jawa Tengah dalam tiga hari ke depan. Karena itu, masyarakat diminta untuk waspada dan berhati-hati dalam beraktivitas.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang, Sutikno mengatakan, prakiraan cuaca ekstrem ini dimungkinkan terjadi Kamis-Sabtu (25-27/11/2021).

Cuaca ekstrem itu bahkan berpotensi menimbulkan dampak bencana di sejumlah wilayah di Jateng, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, angin kencang, hingga pohon tumbang.

Baca: Awas! Hujan Sedang-Lebat Intai Jateng Hingga Malam Nanti

“Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG Ahmad Yani Semarang membuka layanan informasi cuaca 24 jam, baik melalui website, Twitter, Instagram, Facebook, maupun aplikasi iOS dan android di Info BMKG,” katanya seperti dikutip Solopos.com, Rabu (24/11/2021).

Sementara itu, cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai kilat dan angin kencang yang melanda Jateng selama tiga hari berturut-turut itu terjadi secara silih berganti di sejumlah wilayah.

Pada tanggal 25 November 2021, cuaca ekstrem diprakirakan akan melanda wilayah Jateng bagian selatan dan pantai utara seperti Cilacap, Wonosobo, Wonogiri, Magelang, Boyolali, dan Rembang.

Kemudian Karanganyar, Blora, Semarang, Kabupaten Tegal, Brebes, Purworejo, Pekalongan, Pati, Jepara, Grobogan, Demak, Batang dan sekitarnya.

Baca: Diterjang Hujan Angin, Rumah Kakek di Sukoharjo Ambruk

Sementara pada 26 November 2021, hujan deras disertai petir dan angin kencang diprediksi mengguyur wilayah Cilacap, Wonosobo, Wonogiri, Banjarnegara, Purbalingga, dan Banyumas.

Lalu wilayah Temanggung, Rembang, Karanganyar, Blora, Semarang, Kabupaten Tegal, Brebes, Sragen, Purworejo, Kabupaten Pekalongan, Pati, Jepara, Grobogan, Demak, dan sekitarnya.

Sedangkan pada hari Sabtu, atau 27 November 2021, cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di wilayah Cilacap, Wonosobo, Wonogiri, Banjarnegara, Purbalingga, dan Banyumas.

Kemudian Magelang, Temanggung, Rembang, Karanganyar, Blora, Semarang, Sragen, Purworejo, Kebumen, Grobogan, Demak, Salatiga, dan sekitarnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...