Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Mitos Pasangan Kekasih Bakal Putus saat Pacaran di Colo Muria

View Gunung Muria. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Di kalangan para pasangan yang tengah kasmaran di wilayah sekitar Gunung Muria, ada salah satu mitos yang turun temurun dipercayai hinggai saat ini. Mitos itu yakni jika berpacaran di kawasan Colo di Kudus, maka pasangan itu akan putus.

Colo merupakan sebuah desa yang dikenal sebagai lokasi wisata yang terletak di Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.

Di tempat ini ada sejumlah lokasi wisata mulai dari Makam Sunan Muria, Air Terjun Montel, dan Air Tiga Rasa.

Dari sinilah banyak pasangan kekasih yang memilih lokasi ini untuk berwisata. Terlebih Colo juga dikenal dengan udaranya yang sejuk.

Sejarawan Kudus, Sancaka Dwi Supani menyebut jika mitos tersebut sudah ada dari dulu dan masih dipercayai hingga kini.

Menurut dia, dulunya memang Desa Colo sering digunakan muda-mudi untuk berpacaran. Bahkan ada yang sampai kelewat batas.

Baca: Minibus Elf Bisa Naik Sampai Depan Makam Sunan Muria, Sopir Banjir Pujian Netizen

Padahal Sunan Muria pernah menyampaikan jika jangan ada yang memiliki niatan jelek atau negatif ketika menyambangi kawasan Colo.

”Dari cerita turun temurun, Sunan Muria katanya dulu pernah menyampaikan kalau niat untuk ke Colo itu harus yang baik. Seperti mengaji atau ziarah. Jangan dicampuri hal lainnya,” katanya, Rabu (24/11/2021).

Menurutnya, memang beberapa kali dia pernah mendengar cerita tersebut. Sepengatahuannya ada beberapa pasangan kekasih yang putus usai pacarana dari Colo.

“Ada juga dulu saya tahu sendiri tahun 1980 itu ada yang lagi pacaran di bawah pohon, tiba-tiba pohonnya kena petir. Tapi memang tidak putus, hanya seperti itu kan semacam peringatan,” ungkapnya.

Baca: Hanya di Colo Muria, Kopi Diolah Jadi Bakso dan Rasanya Maknyus

Sancaka menyampaikan, agar pasangan kekasih tidak sembrono berpacaran di Desa Colo. Sebab, menurutnya Desa Colo terdapat makam Sunan Muria yang notabene merupakan tempat suci.

“Imbauan saya kalau bisa dihormati. Jangan dilanggar karena memang bisa dibilang di situ terdapat Makam Sunan Muria yang rasanya tidak pas kalau digunakan hal-hal yang tidak bagus,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Desa Colo Mochamad Destari Andryasmoro. Dia membenarkan jika mitos pacaran di Desa Colo bisa putus.

“Iya mitos itu sudah ada sejak dulu. Kemungkinan memang ada hubungannya dengan Makam Sunan Muria,” katanya, Rabu (24/11/2021).

Menurutnya, dari cerita yang didengarnya lewat sesepuh, dulunya Sunan Muria pernah berpesan agar masyarakat yang datang ke Colo itu tidak punya niatan jelek. Niatan jelek yang dimaksud itu salah satunya berpacaran.

“Lebih baik digunakan untuk ziarah dan mengaji. Tidak hal lainnya seperti pacaran,” terangnya.

Namun, dia juga menyampaikan kalau terkadang ada juga laki-laki dan perempuan yang sama-sama single, tapi justru dipertemukan di Colo. Hal seperti itu menurutnya juga sering terjadi

“Laki-laki dan perempuan yang sama-sama single ketika sedang di Colo, mereka misal sama-sama tidak kenal, tapi akhirnya jadi berjodoh ya ada juga,” ungkapnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...