Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Duh! Ratusan Inlet Drainase di Grobogan Hilang

Salah satu inlet drainase yang berfungsi menutup lubang penampungan limpasan air di Jalan R Suprapto Purwodadi hilang. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Penutup lubang penampungan limpasan air hujan menuju saluran pembuangan atau inlet drainase di Jalan R Suprapto Grobogan, banyak yang hilang. Jumlah inlet drainase yang hilang ini mencapai ratusan unit.

Inlet drainase ini terbuat dari bahan besi berbentuk kotak berukuran 45×45 centimeter dengan berat sekitar tiga kilogram per unit.

Pada inlet drainase ini tedapat lubang cover yang berfungsi untuk mengalirkan air dan menahan sampah agar tidak masuk ke dalam saluran pembuangan.

Letak pemasangan inlet drainase ini berada di pinggir jalan berbatasan dengan trotoar yang di bawahnya terdapat saluran pembuangan. Hilangnya inlet drainase ini mengakibatkan lubang penampungan terlihat menganga.

Hal ini membahayakan kendaraan yang parkir maupun orang yang lewat karena bisa terperosok lubang.

Terlebih saat hujan turun karena lubang itu tidak terlihat akibat tertutup air. Beberapa warga ada yang berinisiatif memberikan tanda di atas lubang pembuangan air itu.

Baca: Rumah Roboh, Warga Asemrudung Grobogan Nyaris Jadi Korban

Sekretaris DPUPR Grobogan Wahyu Tri Darmawanto mengungkapkan, pada ruas Jalan R Suprapto yang panjangnya 1,6 kilometer itu terdapat sekitar 600 unit inlet drainase.

Setelah diinventarisir lagi, ada 320 inlet drainase yang hilang. Diduga, hilangnya inlet drainase ini akibat dicuri orang.

“Sekitar 320 buah inlet drainase yang hilang. Adapun nilai kerugian sekitar Rp 80 juta,” katanya, Rabu (24/11/2021).

Menurut Wahyu, pihaknya belum bisa mengganti semua inlet drainase yang hilang tersebut karena butuh anggaran cukup besar dan saat ini sudah berada di akhir tahun.

Meski demikian, pada tahun ini, pihaknya akan membuatkan 20 unit inlet drainase untuk lubang pembuangan yang ukurannya besar. Sedangkan pemasangan inlet drainase lainnya direncanakan akan diselesaikan pada tahun anggaran 2022.

“Nanti akan dibuat inlet drainase model tutup yang ada engselnya dan menyatu dengan dudukan bawah. Hal ini untuk meminimalkan kehilangan karena lebih sulit dilepas,” imbuhnya.

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...