Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

IDC AMSI 2021

Kolaborasi Kunci Keberhasilan Percepatan Pemulihan Ekonomi

Kolaborasi Kunci Keberhasilan Percepatan Pemulihan Ekonomi
Puncak acara IDC AMSI 2021 sesi kedua. (MURIANEWS)

MURIANEWS, Jakarta – Percepatan pemulihan ekonomi di Indonesia menjadi harapan semua pihak. Namun, untuk meraih itu, ada satu kunci yang harus dilakukan. Kunci itu yakni kolaborasi.

Itu terungkap dalam diskusi kegiatan puncak acara Indonesia Digital Conference yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (IDC AMSI 2021) sesi kedua, Rabu (24/11/2021).

Diskusi secara virtual itu menghadirkan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi sebagai pemantik diskusi dan empat narasumber yakni, CEO of Marketplace Tokopedia Anthony Wijaya, Ketua umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga, Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo yang diwakilkan Susilo dan Ketua ALFI (Asosiasi Logistik dan Forwarder) Yukki Nugrahawan Hanafi.

Baca juga: Puncak IDC AMSI 2021 Bakal Dibuka Menko Perekonomian

Dalam closing statemennya, Susilo mengatakan digitalisasi semaju apapun, saat listrik atau energi mati maka akan kembali ke zaman kuno. Ia berharap listrik milik bangs aini bisa terus menyala dan memberi pelayanan sebaiknya.

“Majunya digitalisasi pasti butuh energi lebih. Kebutuhan energi sudah tidak bisa ditawar lagi,” kata Susilo, dikutip MURIANEWS dalam acara Puncak IDC AMSI 2021 yang disiarkan secara virtual, Rabu (24/11/2021).

Menanggapi komentar itu, Ketua umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga mengatakan kolaborasi merupakan kunci sebuah keberhasilan.

Baca juga: AMSI Bakal Gelar Indonesia Digital Conference 2021

“Nggak ada listrik, signal nggak ada, internet mati. Kita sekarang berada di zaman yang mengaruskan berkolaborasi. Dengan berkolaborasi, pemulihan ekonomi akan cepat tercapai. Baik itu di UMKM maupun di dunia digital,” katanya.

Kemudian, Ketua ALFI (Asosiasi Logistik dan Forwarder) Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan saat ini dunia cepat berubah dan sangat dinamis. Itu membuat kompetisi yang sangat tinggi. Inovasi-invoasi juga muncul beragam.

CEO of Marketplace Tokopedia Anthony Wijaya menyebut, semua memiliki mainset yang sama, yakni ekosistem dan kolaborasi.

“Dengan kolaborasi, bisa lebih cepat digitalisasi ini. Semoga bisa membawa dampak pada masyarakat,” katanya.

 

Reporter: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...