Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Petugas Gabungan di Pati Siaga Bencana

Bupati Pati Haryanto mengecek peralatan siaga bencana. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati menggelar apel siaga bencana, Rabu (24/11/2021). Apel juga diikuti oleh unsur TNI, Polri, Tagana, PMI dan sejumlah unsur lain.

Bupati Pati Haryanto memimpin apel tersebut. Dia menyampaikan, apel ini sebagai upaya pengecekan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi bencana di Bumi Mina Tani.

“Termasuk juga mengecek sarana dan prasarana yang kita miliki. Sebab bencana alam datang tanpa sepengetahuan kita. Sehingga apabila semua telah siap, mulai dari jumlah personel maupun sarana dan prasarana, dapat meringankan berbagai kemungkinan,” katanya.

Baca: Tanggul Sungai di Srikaton Pati Jebol, Belasan Rumah Kebanjiran

Menurutnya, untuk mengantisipasi bencana semua pihak harus bersinergi. Terutama memetakan wilayah yang rawan terhadap bencana, terutama bencana alam. Apalagi, ini sudah memasuki musim hujan.

“Semua pihak telah menjalin sinergitas dan mengetahui titik-titik yang dimungkinkan terjadi bencana alam, sehingga dapat segera ditangani. Oleh karena itu melalui apel ini, dapat mengidentifikasi dan berupaya menekan dampak bencana yang terjadi,” terangnya.

Pihaknya pun menegaskan, semua peralatan untuk terjun dalam medan penanganan bencana, diakui sudah siap semua.

“Manakala butuh tindakan evakuasi pun kita telah siap. Meskipun mungkin belum maksimal semua tetap kita upayakan yang terbaik,” pungkasnya.

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...