Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

BPJS Kesehatan Kudus Turut Berkontribusi dalam Pelaksanaan Vaksinasi

BPJS Kesehatan Kudus Turut Berkontribusi dalam Pelaksanaan Vaksinasi
Warga mengikuti vaksinasi Covid-19. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – BPJS Kesehatan turut berkontribusi dalam pelaksanaan vaksinasi Covid19 di Kabupaten Kudus. Kontribusi itu dilakukan melalui pemanfaatan teknologi dengan penggunaan aplikasi P-Care.

Aplikasi P-Care vaksinasi yang digunakan fasilitas kesehatan dalam pelaksanaan vaksinasi pada masyarakat ini memberikan kemudahan bagi petugas vaksinasi. Terutama untuk pencatatan dan pelaporan kegiatan vaksinasi yang dilakukan.

Kepala Bidang SDMUKP BPJS Kesehatan Cabang Kudus, Rahmadi Dwi Purwanto mengatakan aplikasi P-Care vaksinasi yang digunakan sudah beberapa kali dilakukan update atau pembaharuan, sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan petugas di lapangan dan dapat berjalan lancar.

Sedangkan kewenangan penggunaan database hanya dapat diakses dan dimonitor Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), termasuk publikasinya satu pintu melalui Komite tersebut.

Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kudus, Rahmadi Dwi Purwanto (kanan) bersama Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Cabang Kudus, Sri Sudarti (kiri). (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

 

Baca juga: Kudus Target Vaksinasi Lansia 60 Persen di Akhir Tahun

“Kami tidak memiliki hak akses untuk membuka aplikasi P-Care Vaksinasi, sehingga kami tidak bisa melihat berapa jumlah masyarakat Kabupaten Kudus yang sudah divaksin maupun yang belum, terlebih lagi data vaksinasi lansia,” ujar Dwi pada MURIANEWS, Rabu (24/11/2021)

Dukungan lain dalam masa pandemic Covid19 yang dilakukan BPJS Kesehatan adalah menerima penugasan dari pemerintah untuk melakukan verifikasi klaim Covid19 dari Rumah Sakit.

Dalam menjalankan tugas khusus yang diamanahkan pemerintah tersebut, manajemen menyiapkan petugas verifikator untuk verifikasi klaim Covid19 dan menyiapkan sistem informasi pengelolaan klaim Covid19, untuk selanjutnya dibayarkan oleh Kementerian Kesehatan.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...