Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sanksi WADA Untuk Indonesia Berdampak di Piala AFF

Piala AFF
Timnas Indonesia Piala AFF tak bisa mengibarkan merah putih jika mereka juara. (facebook.com/pssi/photos)

MURIANEWS, Jakarta- Sanksi dari WADA (World Anti Doping Agency) untuk Indonesia dipastikan akan akan kembali berdampak.Di Piala AFF 2020 yang akan digelar Desember ini, Indonesia harus menjalani saksi itu.

Bendera Merah Putih dipastikan tidak boleh dikibarkan di Piala AFF 2020 (2021) jika Timnas Indonesia juara. Turnamen sepakbola se Asia Tenggara ini akan digelar mulai 5 Desember 2021.

PSSI sendiri dikabarkan masih berupaya agar bendera Indonesia tetap bisa dikibarkan. Dalam hal ini PSSI meminta surat kepada Kemenpora dan LADI tentang status sanksi WADA, yang ditujukan ke AFF (konfederasi sepak bola Asia Tenggara).

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, PSSI dalam posisi patuh pada aturan. Apapun keputusan yang nanti disampaikan AFF akan diterima. Sebelum aturan tersebut berlaku tetap, PSSI akan berupaya melakukan upaya diplomasi.

“Kayak kemarin acara badminton itu [Thomas Cup]. Kita sudah bersurat juga. Kita bersurat ke Menpora, LADI, dan ke AFF. Kita menunggu. Yang jelas keputusan yang akan nanti diambil, kita ikut, kalau aturannya memang demikian,” kata Iriawan.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Ujicoba Vs Myamar Tanpa Elkan Baggott

“Ya, mudah-mudahan [Indonesia] bisa juara. Ya mudah-mudahan ada perubahan [soal sanksi WADA bendera Indonesia tak bisa berkibar di ajang internasional]. Kalau tidak, ya kita ikuti aturan. Kan kita tidak bisa memaksakan juga,” tambah Iriawan.

PSSI menjelaskan, bendera Indonesia masih mungkin berkibar di stadion tempat pertandingan dilangsungkan. Bendera merah putih juga berpeluang dibawa masuk ke dalam lapangan, sebelum pertandingan dimulai saat lagu kebangsaan dikumandangkan.

Hal inilah yang masih diupayakan oleh PSSI. Namun, jika Timnas Indonesia menjuarai Piala AFF 2020, dipastikan tidak bisa berkibar. Satu-satunya jalan agar bendera Indonesia bisa berkibar hanya sanksi WADA kepada LADI dicabut.

LADI, dalam hal ini Indonesia, disanksi WADA, karena tak bisa memenuhi program anti-doping pada 17 September 2021. Sanksi ini dijatuhkan setelah LADI beberapa kali diingatkan untuk memenuhi program anti-doping tetapi diabaikan.

Di ajang bulutangkis Piala Thomas 2020 (2021), saat tim putra bulutangkis Indonesia meraih gelar juara, bendera Indonesia digantikan bendera PBSI. Hal itu terjadi saat prosesi pengalungan medali emas dan menyanyikan lagu kebangsaan.

Piala AFF 2020 akan berlangsung mulai 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022 di Singapura. Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos. Laga perdana Timnas Indonesia akan berlangsung pada 9 Desember.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...