Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sudah 24 Jam, Kebakaran PT Dua Kelinci Pati Belum Padam Total

Mobil damkar masih siaga di Pabrik PT Dua Kelinci Pati. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Meski sudah 24 jam, api yang membakar PT Dua Kelinci di Kabupaten Pati, Rabu (24/11/2021) belum sepenuhnya padam. Api masih menyala di beberapa titik, terutama pada bagian oven.

Bahkan lima mobil damkar masih siaga di dekat gudang pengovenan.

Kebakaran kali pertama diketahui pada Selasa (23/11/2021) sekitar pukul 11.00 WIB kemarin, dan hingga siang ini api masih menyala.

Kepala Pemadam Kebakaran PT Djarum Kudus Hardi mengaku pihaknya dikerahkan untuk siaga mulai sore kemarin. Karena tungku oven ini sulit untuk ditembus, sehingga api tidak bisa dipadamkan.

“Kami masih siaga, karena saat ini yang terbakar itu tungku oven. Itu jumlahnya ada 16. Satu umit tungku itu ukurannya 4×3 meter dan kedalamannya 2,5 meter. Jadi sangat sulit untuk di padamkan,” katanya, Rabu (24/11/2021).

Baca: Brankas dan Dokumen Penting PT Dua Kelinci Berhasil Diselamatkan

Selain itu, untuk bahan tungku oven ini adalah dari stainlees, sehingga sangat sulit untuk ditembus. Asap yang berada di tunggu tersebut juga sangat tebal. Hal itu tidak mekungkinkan untuk petugas bisa masuk ke lokasi.

“Kami sudah menggunakan peralatan maksimal, tetapi memang cukup sulit. Tim kami sudah berusaha untuk mendodos, tetapi tetap saja tidak bisa. Tapi kami sudah membuat instalasi yang menuju titik api, sehingga nanti perlahan bisa padam,” ujarnya.

Baca: Tak Bisa Ditembus, Api Masih Menyala di Ruang Oven PT Dua Kelinci

Ada beberapa kendala yang dihadapi untuk memadamkan tungku oven ini. Pertama, pintu masuk ke ruang tungku oven itu berada di atas. Sehingga petugas tidak berani masuk karena terlalu panas. Kemudian atap gudang pengopenan sudah mulai melepuh.

“Ini kan berisiko. Selain itu kondisinya juga licin, karena terguyur air. Ini tantangan yang luar biasa bagi kami. Tapi kami akan berusaha penuh untuk memadamkan api,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...