Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Iptu Subkhan: Perangi Radikalisme Bukan Perangi Agama

Kepala Unit Keamanan Khusus Satintelkam Polres Kudus Iptu Subkhan (memegang mik). (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Kepala Unit Keamanan Khusus Satintelkam Polres Kudus Iptu Subkhan menjelaskan tentang perang terhadap radikalisme.

Menurutnya saat ini negara tidak sedang memerangi agama yang dianut, profesi, atau latar belakang seseorang. Melainkan, sambung dia, memerangi perbuatan radikalisme yang terbukti melawan hukum negara.

“Perang radikalisme bukan perang terhadap agama. Tapi perang terhadap pelaku kriminal,” katanya dalam Seminar Penguatan Ideologi Negara yang diselenggarakan oleh PC PMII Kudus bekerja sama dengan Kantor Kesbangpol Kabupaten Kudus, Selasa (23/11/2021).

Ia menyampaikan, siapapun yang melakukan upaya-upaya mengacaukan negara, hingga memberontak terhadap pemerintah yang sah, apalagi untuk mengganti ideologi, bentuk negara, dianggap sebagai musuh negara dan musuh masyarakat.

Baca: Ramai-Ramai Bela Santri Tutup Telinga, Tokoh: Itu Bukan Radikal!

Lebih lanjut ia menyebut di era digital saat ini ada upaya propaganda di media internet dan media sosial. Negara juga tengah memeranginya melalui pembentukan opini publik dengan menyamakan pengertian radikal.

“Pada prinsipnya bukan hanya alat negara saja yang memerangi musuh negara dan musuh masyarakat, namun kita semua punya tanggung jawab untuk itu. Tentunya kita sebagai penganut agama juga akan marah karena tidak rela agama kita dijadikan sebagai alat pembenar atas perbuatan salah,” ungkapnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...