Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Mitos dan Fakta tentang Durian, Kamu Wajib Tahu

Durian. (Freepik)

MURIANEWS – Durian menjadi salah satu buah dengan aroma kuat yang khas. Buah ini banyak digandrungi masyarakat Indonesia.

Tak sedikit yang meyakini durian sebagai penyebab berbagai masalah kesehatan. Akan tetapi buah dengan aroma yang kuat ini justru memiliki beragam manfaat untuk tubuh.

Namun di balik kepopulerannya, durian memiliki berbagai fakta dan mitos, apa saja?

1. Bagus untuk pencernaan

Yang pertama, durian dapat menyehatkan pencernaan karena gula alami yang dikandungnya. Gula alami itu secara otomatis akan terfermentasi saat terpapar bakteri usus ketika berlangsungnya proses pencernaan.

Oleh karenanya, durian sebagai agen prebiotik, akan memberi makan bakteri asam laktat. Hal itu turut membantu proses pencernaan dan kesehatan usus besar.

2. Tidak menyebabkan keguguran

Durian dikabarkan tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran.

Namun anggapan itu dipatahkan dengan adanya kandungan vitamin B esensial dan folat pada durian yang berguna dalam perkembangan tabung saraf janin di awal kehamilan.

3. Menyehatkan jantung

Melansir detik.com, mitos lainnya yang kerap kita dengar adalah durian tinggi kolesterol. Tapi faktanya buah ini dapat menyehatkan jantung karena tidak mengandung kolesterol.

Selain itu durian mengandung lemak tak jenuh tunggal. Kandungan itu dapat menurunkan kolesterol jahat low-density dan kadar trigliserida yang sehat untuk jantung.

Baca: Bukan Mitos, Tauge Ternyata Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria

Pada durian juga tinggi akan kalium. Tingginya kalium pada durian berperan dalam menurunkan tekanan darah yang sering menjadi penyebab timbulnya penyakit kardiovaskular.

4. Baik untuk gangguan sendi

Bagi orang dengan gangguan nyeri sendi, disarankan untuk mengonsumsi durian. Karena secangkir durian mengandung 48 gram vitamin C yang dapat mencegah sakit nyeri sendi.

5. Durian plus alkohol picu gangguan pencernaan

Di kalangan masyarakat, dipercaya durian dilarang untuk dikonsumsi bebarengan dengan alkohol karena dapat berujung fatal. Faktanya hal itu belum ada bukti ilmiah.

Namun tingginya kandungan karbohidrat pada durian jika dikombinasikan dengan minuman beralkohol dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

6. Tidak memicu peningkatan libido

Mitos yang tak kalah tenar adalah mengonsumsi durian dapat meningkatkan libido. Tapi anggapan itu tidak dapat dibuktikan sehingga meningkatkan libido hanya mitos belaka.

Baca: Makan Malam Bikin Gendut Hanya Mitos, Ini Faktanya

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Ali Muntoha
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...