Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

BIN Gelar Vaksinasi Door to Door di Sumberejosari Grobogan

Covid-19 di Grobogan
Petugas dari BINDA Jateng melaksanakan vaksinasi pada warga Sumberejosari. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan- Badan Intelijen Negara (BIN) menyelenggarakan vaksinasi massal di Kabupaten Grobogan, Selasa (23/11/2021). Selain masyarakat, sasaran vaksinasi ini juga ditujukan pada para pelajar.

Pelaksanaan vaksinasi bagi pelajar ditempatkan di SMPN 1 dan SMPN 2 Kradenan, Kecamatan Kradenan. Sedangkan vaksinasi untuk masyarakat umum dilaksanakan secara door to door di Desa Sumberejosari, Kecamatan Karangrayung.

“Sebanyak 4.500 dosis vaksin disiapkan oleh Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Jateng untuk pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Grobogan. Pelaksanaan vaksinasi ini merupakan bentuk dukungan BIN terhadap upaya pemerintah dalam mewujudkan kekebalan komunal atau herd immunity pada akhir 2021,” ungkap Kabinda Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto.

Vaksinasi pelajar dilaksanakan sebagai upaya mendukung pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dan menekan terjadinya klaster pelajar. Sementara vaksinasi secara door to door yang dilaksanakan dari tingkat desa, RW hingga RT bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mengakses vaksin, serta meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mengikuti vaksinasi.

BACA JUGA: Vaksinasi Covid-19 Grobogan Dosis Satu dan Dua Jomplang

“Harapan kami, dengan adanya vaksinasi ini kegiatan belajar siswa dan aktivitas masyarakat di Kabupaten Grobogan dapat kembali normal seperti sediakala,” terangnya.

Menurut Sondi, Kabupaten Grobogan merupakan kabupaten terluas kedua di Jawa Tengah, setelah Cilacap. Sedangkan jumlah penduduknya, berdasarkan Sensus Penduduk BPS tahun 2020 ada sekitar 1,45 juta jiwa dan berada pada urutan ketujuh di Jawa Tengah.

Berdasarkan data per 21 November 2021, capaian vaksinasi covid-19 di Kabupaten Grobogan mencapai 67,34 persen. Sementara cakupan vaksinasi di tingkat Provinsi Jateng sebesar 68,54 persen.

“Luas wilayah disinyalir menjadi salah satu faktor yang menghambat capaian vaksin covid-19 disamping faktor lainnya. Sehingga dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat membantu kabupaten setempat dalam percepatan vaksinasi covid-19,” ujarnya lagi.

Sondi menegaskan, vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk menghadapi pandemi covid-19, disamping tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pembatasan aktivitas juga masih perlu dilakukan, terlebih menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Terkait momen akhir tahun itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk menahan diri, tidak melakukan aktivitas diluar rumah dan menimbulkan kerumunan. Terlebih pemerintah berencana menetapkan status PPKM Level 3 pada saat libur Nataru mendatang.

Sementara itu, sejumlah warga Desa Sumberejosari mengaku senang dengan adanya petugas yang datang ke rumahnya untuk melaksanakan vaksinasi. Menurut warga, dengan adanya vaksinasi door to door sangat dirasakan membantu. Terutama bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik maupun sarana untuk menjangkau lokasi vaksinasi.

“Saya sebenarnya sudah ingin mengikuti vaksinasi tetapi belum ada kesempatan. Sekarang, malah ada petugas yang datang ke rumah. Tentu saja saya senang karena tidak perlu repot dan antre,” kata Juwana, salah satu warga Desa Sumberejosari.

Reporter: Dani Agus
Editor: S Budi Santoso

Comments
Loading...