Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Vaksinasi Covid-19 di Jepara Disisipkan Dalam Kegiatan Masyarakat

Covid-19 Jepara
Bupati Jepara meminta semua kegitan organisasi masyarakat di Jepara bisa menyisipkan kegiatan vaksinasi covid-19. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara- Untuk mendukung upaya percepatan vaksinasi di Kabupaten Jepara, diharapkan semua organisasi masyarakat dan tokoh agama untuk menyisipkan kegiatan vaksinasi covid-19.

Kegiatan vaksinasi covid-10 diharapkan bisa disisipkan dalam setiap kegiatan yang digelar di tengah masyarakat. Minimal mereka ikut menginformasikan pentingnya vaksinasi untuk meningkatkan partisipasi, dalam upaya membentuk kekebalan komunal (herd immunity).

Bupati Jepara Dian Kristiandi, menyampaikan hal ini dalam sebuah kesempatan bersama bersama Forkopimda. Dengan menyisipkan kegiatan vaksinasi covid-19 atau setidaknya menyampaikan sosialisasi, diharapkan angka vaksinasi di Jepara bisa terus ditingkatkan.

“Saya titip, untuk setiap kegiatan di masyarakat tolong bisa disisipkan vaksinasi di lokasi kegiatan. Minimal ikut memberikan informasi kepada masyarakat,” kata Dian Kristiandi, Selasa (23/11/2021).

Dian Kristiandi menyatakan siap memfasilitasi kegiatan vaksinasi covid-19 yang digelar oleh lembaga kemasyarakatakan. Mulai menyiapkan dosis vaksin hingga vaksinator atau tenaga medis yang melakukan vaksinasi.

BACA JUGA: Vaksinasi Covid-19 Jepara Belum Akan Tuntas Hingga Akhir Tahun

Dalam hal ini, Organisasi masyarakat hanya tinggal menyediakan tempat dan daftar nama warga yang akan divaksin. Setelahnya, semuanya bisa dilakukan kegiatan vaksinasi bersama-sama.

“Kami siap kerjasama dengan organisasi masyarakat seperti Nahdlatul Ulama (NU), melalui Ansor dan Fatayat yang menggelar vaksinasi, juga Muhammadiyah. Saya sendiri yang akan datang, jika mampu menggelar vaksinasi,” kata Andi menambahkan.

Dian Kristiandi mengakui, beberapa waktu lalu Pemkab Jepara cukup kesulitan untuk mengajak masyarakat melakukan vaksinasi. Namun setelah hampir 1,5 tahun kesadaran itu mulai tumbuh.

Dengan percepatan vaksinasi ini, diharapkan target vaksinasi 70 persen dari jumlah penduduk di Jepara dapat tercapai. Melalui peran serta dari organisasi masyarakat yang ada di Jepara, pihaknya optimis upaya meningkatkan angka vaksinasi covid-19 bisa lebih tinggi.

Hingga saat ini, Jepara masih berada di level 3 dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali. Hal ini dikarenakan capaian vaksinasi umum dan vaksiansi lansia yang belum memenuhi target. Dengan upaya-upaya yang dilakukan ini, diharapkan segera mampu mencapai target dan masuk ke level 2.

Penulis: S Budi Santoso
Editor: S Budi Santoso

Comments
Loading...