Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Makan Malam Bikin Gendut Hanya Mitos, Ini Faktanya

Ilustrasi. (Freepik)

MURIANEWS, Kudus – Tak sedikit yang menghindari makan di tengah malam untuk menghindari kenaikan berat badan. Anggapan ini sejatinya hanya mitos, sebenarnya kenaikan berat badan dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Mengutip dari Webmdotoritas kesehatan AS menyebut kenaikan berat badan tidak dipengaruhi semata karena jam makan. Penambahan atau penurunan berat badan dipengaruhi jenis makanan yang dikonsumsi dan seberapa banyak aktivitas fisik yang dilakukan.

Seringkali orang makan di tengah malam tidak sekadar untuk mengatasi rasa lapar. Beragam faktor pemicu keinginan makan seperti untuk mengatasi kebosanan atau stres.

Pada malam hari, mayoritas akan mengonsumsi makanan berkalori tinggi sembari menonton televisi atau melakukan kegiatan ringan lainnya. Pada aktivitas itu, tanpa kita sadari akan menghabiskan makanan yang ada.

Asupan kalori berlebih inilah yang tidak diperlukan oleh tubuh. Selain itu makan sebelum tidur dapat menimbulkan masalah pencernaan dan kualitas tidur yang buruk.

Saat mengonsumsi makanan di malam hari, glikogen (cadangan glukosa) diubah menjadi glukosa dan dilepaskan ke aliran darah guna menjaga kadar gula darah tetap normal saat tidur. Saat glikogen habis, hati akan membakar sel lemak guna dijadikan energi. Proses pembakaran lemak dalam tubuh terjadi saat tidur.

Proses tersebut memerlukan waktu 12 jam. Saat mengonsumsi makanan berlemak di tengah malam terutama sebelum tidur, tubuh tidak mendapat waktu yang cukup untuk melakukan pembakaran.

Hal itu yang dapat berujung naiknya berat badan. Karena glikogen yang berlebih akan disimpan ditiga tempat berbeda, yakni lemak (sel adiposa), skelatal dan liver.

Makan malam tidak akan menaikkan berat badan asal memerhatikan jenis makanan. Makanan dengan protein dan serat tinggi namun rendah lemak dan kalori akan aman dikonsumsi saat malam sebelum tidur.

Selain itu, memilih waktu yang tepat untuk makan malam. Waktu terbaik untuk makan malam adalah 3 jam sebelum tidur.

Agar tubuh semakin sehat, aktivitas pendukung perlu dilakukan. Olahraga teratur perlu dilakukan untuk menjaga kebugaran, kesehatan dan tentunya membantu menjaga berat badan.

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Supriyadi
Sumber: webmd.com

Comments
Loading...