Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pengelola Wisata Kudus Diminta Tak Kendorkan Prokes

Pengelola Wisata Kudus Diminta Tak Kendorkan Prokes
Spot foto di Pijar Park yang cocok untuk swafoto bersama keluarga. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Pengelola wisata di Kabupaten Kudus diminta tetap disiplin dalam penerapan protokol kesehatan (prokes). Lebih lagi jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Sebagaimana diketahui, libur Nataru disebut berpotensi memicu gelombang ketiga lonjakan kasus Covid-19. Pemerintah pusat sendiri sudah mewanti-wanti bahaya gelombang ketiga itu.

Baca juga: Ini Lokasi Kamping Tanpa Ribet di Kudus, Cocok untuk Keluarga | MURIANEWS

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus Mutrikah, mengatakan, pengelola wisata baiknya mengantisipasi kembali dengan adanya wisatawan yang datang jelang akhir tahun 2021 ini.

Sarana prasarana protokol kesehatan yang sudah ada harus dicek kembali fungsinya agar bisa digunakan secara maksimal.

“Begitu juga dengan satgas internal setiap destinasi wisata. Itu harus tak bosan untuk mengingatkan wisatawan yang datang untuk mengawasi, mengingatkan wisatawan tentang prokes. Harus berbenah lagi, lebih disiplinkan lagi protokol kesehatan di destinasi wisata,” katanya, pada MURIANEWS, Senin (22/11/2021).

 

Menurutnya upaya itu penting guna mencegah potensi adanya gelombang tiga Covid-19 di Kabupaten Kudus. Kendati demikian, pihaknya juga meminta kesadaran masyarakat yang berkunjung di tempat wisata.

Sebab, lanjutnya, kesadaran masyarakat yang berkunjung ke destinasi wisata sangat diperlukan untuk mendukung upaya dari pengelola wisata dan pemerintah kabupaten Kudus.

“Masayarakat juga harus sadar, tanpa harus digembar-gembori ini itu, bisa antisipasi diri sendiri. Dengan menerapkan dan membudayakan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, hingga jaga jarak yang harus dipenuhi,” katanya.

“Jadi persiapan saat menuju destinasi wisata itu harus benar-benar dipahami di saat pandemi seperti ini,” lanjutnya.

Baca juga: Tempat di Kudus Ini Bisa Ngecamp Sambil Nikmati View Puncak Abiyoso | MURIANEWS

Pemerintah Kabupaten sendiri menurutnya, sudah mulai bersiap dan mengantisipasi dengan membentuk tim satgas khusus yang salah satu tujuannya yakni memantau protokol kesehatan di destinasi wisata.

“Tim Satgas Khusus selalu monitor, kami juga menjadi bagian didalamnya. Setiap Sabtu, Minggu (akhir pekan,red) selalu keliling di destinasi wisata mengecek protokol kesehatan hingga sarana prasarananya,” jelasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...