Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ini Pesan Bupati Kudus Pada Calon Kades Antarwaktu

Bupati Kudus menyaksikan Deklarasi Damai Pilkades AntarWaktu
Bupati Kudus Hartopo menyaksikan penandatanganai deklarasi damai oleh Calon Kades Antar Waktu. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Bupati Kudus, HM Hartopo menyaksikan langsung penandatanganan deklarasi damai Pemilihan Kepala Desa Antarwaktu di Pendapa Kabupaten Kudus, Senin (22/11/2021).

Untuk diketahui, ada empat desa di Kabupaten Kudus yang menyelenggarakan Pilkades Antarwaktu, Selasa (22/11/2021).

Empat desa itu, Desa Cendono, Kecamatan Dawe; Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati; Desa Kauman, Kecamatan Kota; dan Desa Jekulo, Kecamatan Jekulo.

Bupati Kudus HM Hartopo bepesan agar semua calon kepala desa menjaga kondusifitas di wilayah masing-masing. Walau diakui, tetap ada pengkondisian-pengkondisian yang dimungkinkan terjadi, salah satunya adalah adanya politik uang.

Baca juga: Tahapan Pilkades PAW di Pati Kembali Dilanjutkan

“Jangan sampai ada gap-gap yang tidak diinginkan, tentunya juga tak boleh ada politik uang,” Kata Hartopo usai deklarasi pada awak media.

Hartopo pun berharap semua bakal calon untuk siap menang dan siap kalah. Dengan begitu, ketika nanti salah satu pihak dinyatakan kalah, tidak boleh ada perpecahan yang terjadi di desa tersebut.

“Jangan ada ego yang berlebihan. Harus mengakui ketika nanti kalah. Kalau kalah ya sudah, harus mendukung yang menang, dan yang menang juga harus merangkul,” imbuh dia.

Hartopo pun berharap dengan ditandatangainya deklarasi damai ini, semua cakades antar waktu bisa menjalankannya dengan sungguh-sungguh, sehingga kondusifitas di Kudus bisa tetap terjaga.

Menjaga kondusifitas Kudus, tambah dia, memang jadi salah satu tugas Forkopimda Kudus. Namun cakades, juga diharapkan bisa turut mengkodisikan kondusifitas wilayahnya masing-masing.

“Jangan hanya jadi formalitas saja, ini harus benar-benar dilaksanakan dengan sungguh-sungguh,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Adhi Sadono mengatakan total ada 13 calon kepala desa antarwaktu.

Adapun rinciannya, lima calon di Desa Cendono, tiga calon di Desa Jekulo dan Kauman, serta dua calon di Desa Jati Wetan.

“Semuanya telah memenuhi persyaratan administrasi dan berhak maju sebagai cakades PAW 2021 ini,” kata Adhi, pada MURIANEWS.

Adhi menambahkan, untuk jumlah warga yang memiliki hak pilih di masing-masing desa berbeda. Paling banyak, kata dia, ada di Desa Cendono yakni sebanyak 251 orang. Kemudian Desa Jekulo sebanyak 222 orang, dan Desa Jati Wetan 125 orang.

“Sementara yang paling sedikit Desa Kauman sebanyak 28 orang,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...