Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Beredar Loker BLK Kudus, Dinas Tegaskan Hoaks

Beredar Loker BLK Kudus, Dinas Tegaskan Hoaks
Tangkap layar postingan klarifikasi Instagram BLK Kudus. (MURIANEWS)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM Kabupaten Kudus memastikan informasi lowongan pekerjaan (loker) di UPTD BLK Kudus adalah hoaks.

Sebelumnya, beredar informasi loker di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK). Informasi itu menyebutkan Kantor UPTD Balai Latihan Kerja membutuhkan staff di posisi pelayanan publik, administrasi, dan tata usaha umum.

Baca juga: 2,56 Juta Pengangguran Muncul Akibat Pandemi, Kemnaker Galakkan Transformasi BLK

Info tersebut diposting di akun Instagram @infolokerkudus, Minggu (21/11/2021), pukul 21.47 WIB. Postingan itu kemudian ditanggapi Instagram @blk_kudus dengan mengomentari postingan itu.

“Waspada penipuan rekrutmen. Saat ini UPTD BLK Kudus belum melaksanakan rekrutmen,” tulis @blk_kudus.

Alhasil, beberapa menit kemudian info loker tersebut di takedown oleh akun instagram @infolokerkudus.

Lalu, BLK Kudus membuat postingan klarifikasi soal informasi loker itu. Dalam postingan informasi loker di BLK itu kemudian diberi tanda warna merah bertuliskan ‘Berita Hoax’.

Baca juga: Pelatihan di BLK Kudus Tahun 2021 Sasar Industri Kreatif

Pamflet yang berisi info hoaks itu diposting di feed dan story instagram @blk_kudus sebagai bentuk klarifikasi ketidakbenaran info loker tersebut.

Seorang warga net bahkan nyaris menjadi korban berita hokas yang disebarkan akun @infolokerkudus itu. Diungkap dalam story Instagram @blk_kudus, seorang warga mengaku disuruh mentransfer uang sebesar Rp 50 ribu.

“Disuruh tf Rp 50rb, untung saja saya cek di ig blk kudus ternyata hoaks,” tulis warganet.

Kepala Disnakerperinkop dan UKM Kudus, Rini Kartika Hadi Ahmawati menegaskan berita loker tersebut tidak benar atau hoaks. Menurutnya, saat ini BLK Kudus tidak melakukan rekrutmen.

“Info lowongan kerja tersebut tidaklah benar. BLK Kudus saat ini tidak membuka lowongan kerja,” katanya pada MURIANEWS, Senin (22/11/2021).

Lebih lanjut, Rini menyampaikan kepada masyarakat untuk lebih selektif perihal informasi loker. Menurutnya, pencari kerja harus jeli dan kroscek setiap ada informasi loker.

“Jika masyarakat ingin mengetahui informasi loker yang valid, silahkan datang ke Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Kudus,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...