Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

WSBK Mandalika 2021

Toprak Razgatlioglu dan 10 Hal Tentang Sang Jawara WSBK 2021

Juara WSBK Toprak Razgatlioglu bersama warga Mandalika sebelum race digelar.
Juara WSBK Toprak Razgatlioglu bersama warga Mandalika sebelum race digelar. (Instagram/@toprak_tr54)

MURIANEWS, Lombok – Musim balapan WSBK 2021 telah berakhir dramatis di Sirkuit Mandalika, Indonesia, Minggu (21/11/2021). Balapan itu memunculkan jawara baru, Toprak Razgatlioglu.

Kejuaraan Dunia Superbike atau WorldSBK (WSBK) Motul 2021 telah dimenangkan pembalap Pata Yamaha Bricx WSBK, Toprak Razgatlioglu. Pembalap Turki itu mengunci gelar juara dunia setelah finish di urutan kedua dalam Race 1, WSBK Mandalika.

Race penuh drama itu sejatinya dimenangkan Juara Dunia Superbike enam kali, Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WSBK). Namun, peroleh nilai Toprak tak mampu digusurnya. Toprak pun berhasil merebut gelar juara dunia.

Baca juga: Toprak Raih Juara WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika

Melansir dari laman WorldSBK, berikut ini 10 fakta-fakta tentang Toprak Razgatlioglu.

1.- Toprak Razgatlioglu lahir pada 16 Oktober 1996 di Alanya, Turki. Ulang tahunnya adalah sesuatu yang dia bagikan dengan rekan setimnya dari Italia, Andrea Locatelli.

2.- Razgatlioglu tinggal di Sakarya di Turki bersama ibunya. Rumahnya tidak jauh dari tempat dia berlatih di sirkuit karting Kenan Sofuoglu.

3.- Toprak dimasukkan ke dalam perlombaan Kejuaraan Superstock 600 Eropa di Magny-Cours oleh Kenan Sofuoglu pada tahun 2014, debutnya di kelas. Dia memenangkan balapan dengan kurang dari dua persepuluh detik di depan Anthony Dumont dan Niki Tuuli.

4.- Juara WorldSSP lima kali Kenan Sofuoglu adalah manajer dan mentornya. Mengendarai #54, Razgatlioglu adalah anak didik Kenan Sofuoglu, karena itu nomornya.

5.- Toprak adalah penggemar olahraga ekstrim, dan menikmati banyak jet ski, fliteboarding dan, di musim dingin, snowboarding. Dia juga menikmati karting di sirkuit Sofuoglu dan menggunakan sepeda motorcross. Jika memiliki roda atau mesin, sepertinya itu bagus untuk Razgatlioglu. Namun, dia juga bisa melakukan berbagai trik senam, seperti handstand dan hand walking, sesuatu yang dia pelajari di laut ketika dia besar di kota pesisir Alanya.

Ciri khas Toprak Razgatlioglu saat finish dengan melakukan stoppie. (WorldSBK.com)

6.- Dia adalah Juara WorldSBK pertama dari Turki, mengikuti langkah – atau bekas ban – Kenan Sofuoglu, yang tidak pernah menikmati jumlah kesuksesan yang sama di WorldSBK seperti yang dia lakukan di WorldSSP. Sofuoglu pernah berkata bahwa, “Rencana kami sejak saya memasukkannya ke Piala Superstock 1000 FIM Eropa adalah menjadikannya Juara Dunia Superbike Turki pertama dan kami ingin mencapai tujuan ini.”

7.-Di helm balapnya, ada TTA awal Ini untuk dirinya sendiri, saudaranya Tümay dan ayahnya Arif. Ini juga inisial nama panggilan ayahnya: Tek taker Arif, yang diterjemahkan menjadi “Wheelie Arif” dalam bahasa Inggris. Pada 17 November 2017, ayah Toprak kehilangan nyawanya dalam kecelakaan sepeda motor di Turki.

8.- Ketika Razgatlioglu tiba di San Juan di Argentina, para penggemar lokal dengan cepat memberikan julukan kepada Toprak, sehingga lahirlah “El Turco”.

9.- Toprak juga Muslim, dan karena itu tidak menyemprotkan Prosecco DOC di podium karena larangan alkohol dalam Islam. Dia juga berdoa sebelum balapan dan di grid.

10.- Toprak mengikuti jejak ayahnya dalam mempelajari beberapa akrobat, terutama menguasai seni stoppie. Apakah itu berguling dan berbelok atau pengereman keras tradisional, trik pesta Toprak adalah stoppie, sesuatu yang dia dan pemenang MotoGP ™ Grand Prix Jack Miller memiliki sedikit persaingan.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...