Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bupati Pantau Pilkades di Blora, Ini Temuannya

Warga memberikan hak suaranaya dalam pilkades. (MURIANEWS/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Blora – Sejumlah desa di Kabupaten Blora menggelar pemilihkan kepala desa (pilkades) maupun pilkades PAW, Minggu (21/11/2021). Bupati Blora Arief Rohman turun langsung untuk memantau pelaksanaanya.

Pemantauan dilakukan untuk memastikan pilkades berlangsung aman dan tak ada pelanggaran protokol kesehatan (prokes).

Lokasi pertama yang dipantau adalah Pilkades Desa Dringo, Kecamatan Todanan. Di sini, bupati melihat langsung proses pemungutan suara dan memantau kepatuhan protokol kesehatan.

Di Desa Dringo ini, bupati juga melakukan video conference dengan Dirjen Bina Pemerintahan Desa yang melakukan pemantauan Pilkades di beberapa kabupaten serentak di hari yang sama.

Usai dari Dringo, bupati bergeser meninjau Musyawarah Desa dengan agenda Pilkades PAW di Desa Tawangrejo, Kecamatan Tunjungan.

Bedanya, disini pemilihan Kades PAW hanya diikuti oleh 63 pemilih atau pemilik suara yang merupakan perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan Ketua RT, RW dari seluruh wilayah dukuh/dusun.

Dalam tinjauan itu, bupati menyebut semua berlangsung aman. Beberapa hal yang menjadi temuanaya adalah mengenai penerapan prokes yang dianggap sudah sesuai.

Alhamdulillah pelaksanaan Pilkades berjalan aman dan lancar, sesuai protokol kesehatan. Kami berterimakasih kepada jajaran TNI, POlri yang telah ikut melakukan pengamanan tahapan Pilkades ini,” ungkapnya.

Baca: Pilkades, Brimob Polda Dikerahkan ke Blora

Tidak hanya Bupati, Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati di hari yang sama juga melaksanakan tinjauan pelaksanaan Pilkades di Desa Biting, Kecamatan Sambong, dan di Desa Pulo, Kecamatan Kedungtuban.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Blora Suryanto menyebutkan bahwa bulan ini ada delapan desa yang melaksanakan Pilkades.

“Dari delapan desa ini, dua desa melaksanakan Pilkades langsung dipilih masyarakat yakni Desa Dringo, dan Desa Biting Kecamatan Sambong,” terangnya.

Sedangkan enam desa lainnya melakukan Pilkades PAW, yakni Desa Tawangrejo di Kecamatan Tunjungan, Desa Plumbon di Kecamatan Ngawen, Desa Pulo di Kecamatan Kedungtuban, Desa Jatiklampok di Kecamatan Banjarejo, Desa Wotbakah di Kecamatan Japah, dan Desa Pelem di Kecamatan Jati.

 

Kontributor Blora
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...