Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pasar Winong Sari Joyo, Cara Margorejo Kudus Bangkitkan UMKM

Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo berkunjung di stan UMKM di Pasar Winong Sari Joyo. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Desa Margorejo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus menggelar Pasar Winong Sari Joyo, Minggu (21/11/2021). Pasar dadakan yang digelar di kompleks Sendang Winong itu, diperuntukkan bagi UMKM setempat.

Berbagai jenis makanan, pakaian hingga buah-buahan khas Desa Margorejo diperjualbelikan di pasar tersebut. Sedikitnya ada 29 UMKM yang menjajakan daganganya di Pasar Winong Sari Joyo.

Tak hanya itu, pertunjukkan seni tradisonal seperti tarian hingga musik juga digelar.

Kepala Desa Margorejo Sumirkan, gelaran Pasar Winong Sari Joyo itu digelar bertujuan pemerintah desa ingin memperkenalkan lebih luas produk UMKM masyarakat Desa Margorejo. Apalagi desanya saat ini sudah resmi menjadi desa wisata.

Sehingga pihaknya ingin mengangkat perekonomian warga sekitar dengan memperkenalkan produk UMKM dengan perpaduan budaya yang dimiliki desa agar lebih dikenal.

“Ini juga sebagai pemulihan ekonomi dan upaya kami agar UMKM di desa kami semakin maju dan berkembang. Otomatis akan meningkatkan pendapatan UMKM di desa kami,” katanya, Minggu, (21/11/2021).

Baca: Avanza Seruduk Kantor Polisi di Kudus

Pasar tersebut rencananya akan digelar rutin setiap bulannya, di hari minggu pekan kedua.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo sangat mengapresiasi pasar untuk UMKM yang digelar di Desa Margorejo. Apalagi, pasar seperti itu sangat bisa berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Pasar serupa yang digelar di sejumlah desa di Kudus itu sangat luar biasa, karena berpotensi kembali menggeliatkan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Ia menjelaskan,  gelaran pasar seperti itu boleh saja dilakukan. Hanya saja, menurutnya pemerintah desa dan masyarakat yang datang harus mendisiplinkan protokol kesehatan.

“Pasar seperti ini harus tetap disiplin protokol kesehatanya, itu sangat penting. Harus ada komitmen yang harus dijaga,” jelasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...