Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pisang, Buah yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Pisang, buah yang kaya manfaat kesehatan
Ilustrasi buah pisang. (MURIANEWS)

MURIANEWS, KudusPisang jadi salah satu buah yang digemari masyarakat Indonesia. Buah berwarna kuning ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho.

Buah bernama latin Musa Acuminate ini kerap dijadikan bahan dasar kudapan. Beberapa jenis pisang ada yang sangat nikmat untuk langsung dimakan. Aja juga yang perlu diolah dengan cara dikukus, direbus atau digoreng.

Kenikmatan itu makin bertambah setelah mengetahui deretan manfaat dari pisang. Dirangkum MURIANEWS, dari klikdokter.com, beri ini manfaat pisang untuk kesehatan.

Baca juga: Dinas Pertanian TPH Grobogan Berhasil Kembangkan Budidaya Pisang Melalui Metode Jaringan Kultur

Pisang memiliki kalium tinggi yang berperan penting dalam menjaga kestabilan tekanan darah dan menjaga kesehatan tulang. Kalium berperan dalam meredakan tegangan pembuluh darah yang menjadi faktor tekanan darah meningkat.

Pisang juga mengandung serat yang berkhasiat mengurangi kolesterol jahat (LDL). Turunnya kadar kolesterol jahat dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.

Serat yang tinggi pada pisang juga bermanfaat untuk membuat kenyang lebih lama. Serat pektin pada pisang berfungsi untuk membatasi penyerapan lemak dalam sel. Pektin juga berguna untuk detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari tubuh.

Pisang juga mengandung magnesium yang dapat membantu memecah sel lemak dalam tubuh. Kandungan-kandungan tersebut dapat menurunkan berat badan yang jika dikombinasikan dengan olahraga, pola makan dan gaya hidup sehat dapat mempercepat proses diet.

Selain itu, kandungan kalium pada pisang turut menjaga kesehatan ginjal. Mengonsumsi pisang 4 hingga 6 buah dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit ginjal hingga lima puluh persen.

Pisang juga mengandung kadar glikemik rendah yang dapat dilepas secara perlahan ke dalam darah. Artinya mengonsumsi pisang secara rutin dapat mengontrol kadar gula dalam darah.

Pisang dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Buah ini juga mengandung vitamin C dan B6 yang berguna untuk mengatasi penuaan dini. Kandungan vitamin B6 pada pisang juga dapat mengatasi nyeri haid.

Selain mengandung vitamin C dan B6, pada pisang terdapat vitamin A, E dan karotenoid. Nutrisi-nutrisi itu merupakan antioksidan yang selain merawat kulit, juga dapat merawat kesehatan mata. Pisang juga dipercaya menurunkan risiko degenerasi makula karena mengandung lutein.

Bagi orang dengan masalah kesehatan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi pisang secara rutin. Selain mengenyangkan, pisang yang mengandung prebiotik dapat menyehatkan usus karena adanya karbohidrat kompleks pada pisang, yaitu fruktooligosakarida.

Banyaknya kandungan nilai gizi pada pisang dapat bermanfaat bagi tubuh. Dengan rasanya yang khas dan segudang manfaatnya maka tak salah jika pisang amat digemari oleh masyarakat Indonesia dan kerap diolah menjadi berbagai macam makanan.

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: Klikdokter.com

Comments
Loading...