Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Aturan Libur Nataru Segera Diterbitkan

Aturan Libur Nataru
Ilustrasi perayaan tahun baru (Pixnio)

MURIANEWS, Jakarta – Dalam waktu dekat ini, Pemerintah bakal mengeluarkan aturan libur Nataru atau Natal dan Tahun Baru. Aturan itu dikeluarkan guna mencegah lonjakan Covid-19.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate mengatakan lonjakan Covid-19 yang terjadi di berbagai negara diharap jadi pelajaran bagi masyarakat Indonesia.

Dikeluarkannya aturan libur Nataru itu merupakan salah satu upaya pemerintah mencegah kondisi di luar negeri itu terjadi di Indonesia.

Baca juga: Soal Status PPKM Level 3 saat Nataru, Jateng Tunggu SE Mendagri

“Dalam situasi yang amat baik ini tapi mengapa diatur. (ini) Agar tidak berpotensi untuk gelombang ketiga. Keberhasilan itu amat ditentukan kesadaran masyarakat,” katanya dikutip dari CNN Indonesia, Sabtu (20/11/2021).

Johnny menegaskan, tujuan utama aturan bukan melarang perayaan Natal dan Tahun Baru, tetapi untuk mengendalikan Covid-19 saat Natal dan Tahun Baru.

Masyarakat tetap boleh beribadah dan melakukan kegiatan Tahun Baru, asal mengikuti ketentuan. Aturan yang lebih detail akan diterbitkan melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) mendatang.

Baca juga: Status PPKM Level 3 Diterapkan saat Nataru

Dia menambahkan, hal ini harus diungkapkan jauh hari untuk membangun kesadaran masyarakat agar tak terlena euforia, serta tidak membuka ruang baru klaster penularan.

Johnny berharap, dengan penyampaian yang lebih awal, masyarakat dapat mulai bersiap-siap menyambut Natal dan Tahun Baru secara tertib.

Johnny mengungkapkan pemerintah menyampaikan terima kasih terhadap kolaborasi dan gotong royong masyarakat membantu penanganan pandemi Covid-19.

Baca juga: Jelang Nataru, Pemerintah Siapkan Aturan Pencegah Lonjakan Covid

Johnny menyebut, hingga saat ini, Indonesia dinilai cukup berhasil mengendalikan Covid-19.

“Keberhasilan ini harus kita pertahankan karena pengendalian Covid-19 ini akan menentukan keberhasilan kita di sektor lain. Termasuk di sektor pemulihan ekonomi,” ujar Johnny.

Di tengah keberhasilan tersebut, Johnny mengingatkan agar masyarakat tidak terbuai euforia, terutama saat liburan Natal dan Tahun Baru.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...