Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

MUI Kudus Ajari Cara Penyembelihan Hewan yang Benar

Praktik pelatihan penyembelihan hewan halal yang digelar MUI Kudus. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kudus menggelar pelatihan penyembelihan hewan yang benar sesuai syariat Islam. Pelatihan tersebut berjalan selama beberapa hari di sembilan kecamatan di Kabupaten Kudus, hingga Rabu (24/11/2021).

Sekretaris Umum MUI Kudus Su’udi mengatakan, pelatihan tersebut untuk pembinaan masyarakat agar proses penyembelihan hewan sesuai syariat. Sasaranya seperti para pengusaha potong ayam di pasar hingga masyarakat.

“Tapi memang baru sebagian, pelatihan penyembelihan halal di tiap kecamatan diikuti sekitar 25-30 peserta. Mereka diberikan contoh cara penyembelihan halal yang benar,” katanya Sabtu, (20/11/2021).

Baca: Anggotanya Ditangkap Densus 88, Ini Kata MUI

Ia menjelaskan, saat ini pelatihan penyembelihan halal tersebut sudah terlaksana di delapan kecamatan di Kudus. Seperti Kecamatan Kota, Jati, Kaliwungu, Undaan Mejobo, Jekulo, Bae, dan Gebog.

“Sementara di Kecamatan Dawe akan digelar pada Rabu pekan depan,” ucapnya.

Meski demikian, pihaknya tak menampik pelatihan penyembelihan hewan secara halal itu belum bisa menjangkau seluruh sasaran. Pasalnya kondisi pandemi dan keterbatasan anggaran membuat pelatihan di setiap kecamatan hanya bisa diikuti peserta terbatas.

“Terus terang belum bisa menjangkau semuanya. Harapan kami yang sudah mengikuti pelatihan bisa memberi pengetahuan kepada pengusaha dan masyarakat yang lain,” imbuhnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...