Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ratusan Orang di Pasar Kliwon Kudus Disuntik Moderna

Direktur RS Mardi Rahayu dr Pujianto mendampingi peserta vaksin di Pasar Kliwon Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Vaksin moderna kini tak hanya digunakan untuk booster atau dosis ketiga bagi tenaga kesehatan, tapi juga disuntukkan ke masyarakat umum. Sabtu (20/11/2021) ratusan orang di Pasar Kliwon Kudus mendapat suntikan vaksin Covid-19 dari Moderna ini.

Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus yang menggelar vaksinasi massal untuk pedagang dan pengunjung Pasar Kliwon Kudus  itu. Ada 300 dosis vaksin moderna yang disiapkan dalam kegiatan tersebut.

Direktur Rumah Sakit Mardi Rahayu dr Pujianto mengatakan, Pasar Kliwon dipilih karena banyaknya pengunjung maupun pedagang dari luar kota, dan dikhawatirkan menjadi carrier Covid-19. Sehingga perlu adanya kekebalan komunal di wilayah itu.

“Kami menerjunkan dua tim sebanyak 20 orang dengan target 300 vaksin ini habis dalam tiga jam, sehingga per jamnya ada seratus orang divaksin,” kata Puji di sela vaksinasi.

Vaksinasi di tempat umum sendiri, lanjut Puji, adalah untuk memperlihatkan jika vaksinasi dengan jenis vaksin apapun sangat tidak berbahaya. Puji berharap, masyarakat yang selama ini takut, bisa turut teredukasi dengan adanya vaksinasi ini.

“Jangan percaya hoaks vaksin, vaksin ini masker dari dalam, sehingga imunnya bertambah,” ujarnya.

Baca: Benarkah KIPI Vaksin Moderna Lebih Nampol? Begini Jawaban Dokter

Hadiah atau doorprize berupa sejumlah peralatan elektronik pun disiapkan guna memancing minat pengunjung maupun pedagang Pasar Kliwon untuk divaksin. Selain itu, peserta vaksin juga turut diberi kupon makan di PKL-PKL Pasar Kliwon.

“Itu diberikan kepada mereka setelah melaksanakan vaksinasi, sehingga yang vaksinasi di sini bisa imun tambah, perut kenyang, hati senang,” pungkasnya.

Baca: Vaksinasi Covid-19 Jepara Belum Akan Tuntas Hingga Akhir Tahun

Salah satu pedagang Pasar Kliwon, Leni mengatakan senang bisa mengikuti vaksinasi ini. Mengatakan jika baru sempat karena bekerja di Pasar Kliwon. Sehingga ketika diadakan vaksinasi ini maka pihaknya bisa mengikuti.

“Mumpung lagi kerja ambil vaksin sekalian, ini juga dapat kupon buat makan kan enak,” katanya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...