Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Minyak Goreng Curah di Kudus Naik, Pembeli Kabur

Pedagang minyak curah di Pasar Bitingan, Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Harga minyak goreng curah di Kabupaten Kudus mengalami kenaikan sejak beberapa waktu terakhir. Akibatnya, para penjual kehilangan banyak pembeli.

Kenaikan harga minyak curah diungkapkan pedagang di Pasar Bitingan, Kudus, Mohari. Menurutnya saat ini harga minyak curah menyentuh Rp 18 ribu per kilogram.

“Normalnya itu Rp 13 ribu sampai Rp 14 ribu per Kilogram,” katanya, Sabtu (20/11/2021).

Kenaikan harga minyak curah itu terjadi sejak dua bulan lalu. Menurutnya, kenaikan itu berdampak pada pembelian konsumen.

“Dulu waktu harganya masih normal pembelinya banyak saya bisa menghabiskan dua drum atau 400 kilogram sehari. Kalau sekarang hanya bisa menghabiskan 1,5 drum saja atau sekitar 300 kilogram per hari,” ujarnya.

Baca: Harga Minyak Goreng Naik, Dinas Perdagangan Kudus Cari Penyebabnya

Daya beli masyarakat juga mempengaruhi penjualan minyak curahnya itu. Dari yang biasanya seorang pembeli bisa membeli 10 kilogram, saat ini hanya membeli 7 kilogram saja.

“Sehari kalau seperti sekarang ini paling sehari 10 orang saja. Kalau dulu bisa sampai 15 orang lebih,” ungkapnya.

Baca: Produsen Keripik Tempe di Pati Ngenes karena Minyak

Sementara itu, Kasi Fasilitasi Perdagangan Dinas Perdagangan Kudus, Teddy Hermawan membenarkan adanya kenaikan harga minyak curah. Menurutnya, harga minyak curah naik karena dipengaruhi kenaikan harga minyak dunia.

“Barangnya ada tetapi karena dari sumber produsen naik, pasti harga ikut naik,” ujarnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...