Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Vaksinasi Covid-19 Jepara Belum Akan Tuntas Hingga Akhir Tahun

Warga tengah mendapat suntikan vaksin Covid-19. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Jepara diperkirakan belum akan tuntas seratus persen hingga akhir tahun 2021 ini. Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara sendiri memperkirakan capaiannya sekitar 70 persen.

Meski sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, saat mengunjungi Jepara menargetkan vaksinasi di Bumi Kartini bisa mencapai 100 persen di akhir tahun ini.

“Sampai Desember saya targetkan 70 persen. Mohon doanya. Sehingga setidak-tidaknya, Jepara segera terbentuk herd immunity,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara Mudrikatun, Sabtu (20/11/2021).

Mudrikatun menyebut, hingga pekan ini capaian vaksinasi Covid-19 untuk dosis pertama mencapai sekitar 55 persen. Sedangkan, untuk dosis kedua baru mencapai sekitar 42 persen.

Baca: Cak Nun Bahas Kartu Vaksin Bebas dari Neraka

Mengapa capaian vaksinasi di Jepara terbilang rendah? Mudrikatun tetap beralasan bahwa dropping vaksin tidak selalu banyak.

Pihaknya mengaku hanya menerima berapapaun jumlah dosis yang diberi dan itu tidak menentu.

Sampai pekan ini, lanjut Mudrikatun, stok vaksin di Kabupaten Jepara masih sekitar 154 ribu dosis. Stok tersebut dimungkinkan akan habis hingga pekan depan.

“Yang paling banyak sementara ini vaksin jenis Pfizer,” ujar Mudrikatun.

Baca: Alat Deteksi Gempa di Tempur Jepara, Begini Cara Kerjanya

Mudrikatun menambahkan, untuk mencapai target 70 persen di akhir Desember nanti, pihaknya tidak hanya menjalankan vaksinasi di gerai-gerai fasilitas kesehatan. Tetapi juga di perkumpulan-perkumpulan masyarakat seperti pengajian dan yang lainnya.

“Misalnnya di perkumpulan ibu-ibu Muslimat, Fatayat NU, atau perkumpulan-perkumpulan masayarakat lain. Kami akan datangkan tenaga vaksinator ke sana untuk vaksinasi di tempat,” pungkasnya.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...