Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dicari 5 Jam, Korban Longsor Maut di Banjarnegara Berhasil Dievakuasi

Tim SAR Gabungan saat melakukan pencarian korban yang tertimbun longsor di Banjarnegara. (Istimewa)

MURIANEWS, Banjarnegara – Lima korban longsor maut di Desa Pagetan, Kecamatan Pagetan, Banjarnegara akhirnya berhasil dievakuasi setelah lima jam dicari. Dari lima korban tersebut, empat di antaranya meninggal dunia dan satu luka berat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang Heru Suhartanto mengatakan, tim SAR Gabungan sempat kesulitan melakukan evakuasi karena tanah yang menimbun cukup dalam.

Lantaran alasan tersebut, akhirnya didatangkan alat berat dari pemda setempat untuk membantu melakukan evakuasi. Evakuasi sendiri dilakukan bersama-sama baik Tim SAR, TNI/Polri, BPBD, relawan, dan warga.

Baca: Longsor Banjarnegara, 4 Meninggal Satu Luka Berat

”Akhirnya setelah lima jam lebih, tepatnya pukul 05.00 WIB seluruh korban berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan,” katanya, Sabtu (20/11/2021) pagi.

”Tim berhasil mengevakuasi seluruh korban. Total ada lima korban, satu selamat dan empat ditemukan dalam keadaan meninggal dunia,” tambah Heru.

Ia menyebutkan, kelima korban langsung dibawa ke Puskesmas Pagetan. Upaya tersebut dilakukan untuk memberikan pertolongan kepada korban selamat dan pemandian jenazah untuk para korban meninggal.

”Semua dibawa ke Puskesmas Pagetan. Saat ini semua korban memang sudah dievakuasi. Tapi tim masih di lokasi,” terangnya.

Baca: Ini Daftar Korban Longsor Maut di Banjarnegara

Sebelumnya, sebuah rumah di Desa Pagetan, Kecamatan Pagetan, Banjarnegara tertimpa longsor, Jumat (19/11/2021) malam. Akibatnya, empat orang meninggal dunia dan satu luka berat dalam kejadian tersebut.

Keempat korban tiga di antaranya diketahui merupakan satu keluarga. Sedangkan satu korban lainnya merupakan seorang bidan yang indekos di rumah tersebut.

Heru Suhartanto Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang mengatakan, peristiwa nahas tersebut terjadi Jumat malam sekitar pukul 23.30 WIB.

Saat itu, hujan turun dengan intensitas tinggi sejak Jumat (19/11/21) sore hingga malam. Akibatnya, tebing setinggi 25 meter longsor dan menimpa sebuah rumah.

“Kami terima info dari bapak Aris BPBD Banjarnegara bahwa pada Jumat malam pukul 23.30 WIB telah terjadi tanah longsor dan ada 5 orang yang menjadi korban” kata Heru.

Baca: Pekerja Proyek Perbaikan Talud di Karanganyar Tertimbun Longsor, Masih Dicari Tim SAR

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...