Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

39 Desa di Pati Belum Salurkan BLT DD Tahap Tiga

Salah seorang penerima Blt DD tengah menunjukkan uang bantuan. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Pati – Sebanyak 39 desa di Kabupaten Pati, hingga bulan ini belum menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap tiga. Padahal, seharusnnya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tersebut mendapatkan bantuan itu mulai Oktober 2021 lalu.

Keterlambatan penyaluran ini lantaran 39 desa tersebut belum melakukan pencarian DD tahap tiga yang di dalamnyajuga terdapat dana BLT.

Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kabupaten Pati Marno mengatakan, sejauh ini yang sudah melakukan penyaluran BLT DD tahap tiga itu ada sebanyak 362 desa dengan total dana sebesar Rp 37,5 miliar.

“Masih ada 39 desa yang belum menyalurkan BLT DD. Kami minta pihak desa lebih proaktif untuk mencairkan DD, sehingga nanti KPM juga segera mendapatkan haknya,” katanya.

Baca: BLT Buruh Rokok Kudus Dipastikan Bisa Tetap Cair

Dia menambahkan, pada pencairan BLT DD tahap satu dan dua, total anggaran yang sudah ditransfer ke masing-masing rekening desa sebanyak Rp 125,3 miliar. Itu terhitung mulai Januari hingga September 2021 lalu.

Menurutnya, dalam penyaluran BLT DD ini tidak bisa dirapel antara bulan pertama, kedua hingga ketiga. Sebab, mekanisme penyalurannya memnag dilakukan setiap bulan.

Sementara apabila sampai pada November ini masih ada desa yang belum mencairkan DD, penyaluran BLT DD juga akan molor.

Baca: Dana BLT Dana Desa di Pati Tak Akan Dicairkan Jika Penerima Tak Mau Divaksin

Dana tersebut tetap bisa diserahkan kepada yang berhak, tetapi tidak bisa dalam satu waktu.

“Kami harap seluruh desa yang masih ada DD yang belum dicairkan untuk bisa proaktif. Caranya adalah dengan segera memenuhi dokumen persyaratan. Kami harap dana tersebut dapat disalurkan keseluruhannya pada bulan November ini,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...